get app
inews
Aa Read Next : Mencicipi Masakan Empal Bu Parini Legendaris Ponorogo, Empuk dan Sambalnya Maknyus

Angka Kematian Sapi Tinggi, Bupati Ponorogo Minta Uji Laboratorium

Selasa, 21 Juni 2022 | 18:18 WIB
header img
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko meninjau langsung sapi yang mati akibat (foto; iNews.id/Putra)

PONOROGO, iNews.id - Jumlah sapi yang terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Ponorogo terus bertambah, bahkan penambahannya begitu cepat. Selain itu angka kematian sapi akibat PMK juga tinggi. Hal ini dibutuhkan penanganan yang harus cepat, terlebih pada sapi perah yang ada di Kecamatan Pudak.

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko pada saat melihat langsung sapi warga yang mati, meminta dinas terkait untuk melakukan uji laboratorium khususnya pada sapi yang mati. Hal ini karena angka kematian yang tinggi, khususnya pada sapi perah.

“Ada fenomena yang sekilas tidak sekedar karena virus, jadi saya minta untuk dilakukan uji laboratorium khususnya pada sapi yang mati,” kata Sugiri.

Uji lab, lanjut Sugiri, agar ada identifikasi dini, apakah memang akibat PMK atau ada penyerta lain, sehingga sapi jika terkena lalu terus mati.

“Ketika ada sapi terkena PMK, lalu diobati dan berangsur pulih, justru sebagian malah mati. Jadi dengan indentifikasi maka, kita bisa menentukan langkah, penanganan yang tepat,” terangnya.

Dari total jumlah sapi yang terjangkit PMK di Ponorogo terbesar ada di Kecamatan Pudak, bahkan untuk laporan kematian sapi, juga ada di kecamatan yang menjadi sentra susu sapi terbesar di Ponorogo.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut