get app
inews
Aa Read Next : Pengurus Masjid Al Arsy Ponorogo Gelar Pasar Murah, Harganya Ada yang Seribu Rupiah

Melihat Sentra Rengginang Khas Desa Purworejo Ponorogo, Sebulan Terjual 5000 Bungkus

Jum'at, 29 September 2023 | 07:55 WIB
header img
Sentra pembuatan rengginang Desa Purworejo Ponorogo foto: iNewsPonorogo.id/Putra

PONOROGO, iNewsPonorogo.id - Dikabupaten Ponorogo memang terkenal akan surganya kuliner, selain banyak sekali makanan khas, juga terdapat jajanan, salah satunya jajanan rengginang.

Tepatnya di Desa Purworejo, Kecamatan Balong, Ponorogo ini mungkin bisa dikatakan sebagai sentra jajanan rengginang. Dimana didesa setempat terdapat 7 rumah yang membuat rengginang dengan skala besar.

Jika melintas di Desa Purworejo pasti akan melihat hamparan rak-rak bambu penuh dengan rengginang yang sedang dijemur di halaman rumah yang memproduksi jajanan dari bahan ketan ini.

Sejak pagi buta, para pembuat jajanan tempo dulu ini sudah menanak atau mengukus ketan, sebagai bahan dasar rengginang.

“Kalau mengukukusnya sudah sejak pagi, nanti bisa keburu untuk menjemur reginangnya, agar tidak kesiangan,” kata Rukesi salah satu pembuat rengginang.

Kemudian untuk mengukus atau menanak kerannya masih menggunakan tungku tradisional. Selain lebih murah juga mempengaruhi rasa.

“Jelasnya lebih murah, jika dibandingkan dengan memakai kompor gas. Kemudian tingkat kematangan serta berpengaruh pada rasa,” terangnya.

Setiap harinya, masih menurut Rukesi, bisa menghabiskan 72 liter ketan, yang nantinya menghasilkan sekitar 300 bungkus rengginang.

“Setiap hari rata-rata ya 72 liter ketan, untuk sekitar 300 bungkus rengginang. Setiap hari produksi untuk memenuhi permintaan,” ungkapnya.

Rukesi dan suami memang, sudah membuat rengginang sejak 25 tahun yang lalu. Awalnya dulu coba-coba membuat rengginang karena memang lebih mudah, dan ternyata laku sampai sekarang.

“Biasanya yang paling banyak pesanan waktu lebaran, namun pada musim hajatan juga permintaan tinggi, kadang sampai kuwalahan,” tambahnya.

Lanjutnya, Rukesi menyebut jika penjualan rengginang buatannya tidak hanya di kota Ponorogo saja, namun tidak sedikit juga pesanan dari luar kota.

“Kalau di jumlah rata-rata, setiap bulan ada kalau 5000 bungkus terjual, malah kadang bisa lebih. Tidak cuma Ponorogo, namun sampai luar kota,” bebernya.

Sementara itu Kepala Desa Purworejo, Didik Subagio menjelaskan bahwa memang sejak dulu, didesanya banyak yang membuka usaha pembuatan rengginang. 

“Pembuatan rengginang ini, bisa menambah ekonomi keluarga, terutama bagi ibu-ibu yang memang bekerja di pembuatan jajanan rengginang,” ujarnya.

Selain itu, harga rengginang juga cukup terjangkau dan jika ditanya rasanya pastinya sangat enak dan renyah.

“Rasanya memang enak, lebih renyah, dan harga mulai Rp8 sampai Rp16 ribu, tergantung kemasan dan jumlahnya,” pungkasnya.

Editor : Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut