Waspada Hepatitis Misterius pada Anak-Anak, Dinkes Kaltim Aktif Pantau di Rumah Sakit

Abriandi
Ilustrasi hepatitis (Foto: Istimewa)

SAMARINDA, iNews.id - Temuan kasus hepatitismisterius di Jakarta membuat Dinas Kesehatan Kalimantan Timur meningkatkan kewaspadaan. Dinkes Kaltim pun meminta rumah sakit swasta dan pemeritah aktif memantau.

Seperti diberitakan sebelumnya, tiga orang anak di Jakarta dikonfirmasi meninggal dunia setelah menjalani perawatan di RSUPN Cipto Mangunkusumo akibat hepatitis misterius. Kasus tersebut merupakan bagian dari ratusan temuan yang dilaporkan WHO di Amerika, Eropa dan Asia.

Virus hepatitis misterius tersebut pertama kali ditemukan di Inggris dan menginfeksi anak-anak usia 6 sampai 16  tahun. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melalui Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit sudah menerbitkan surat edaran nomor HK.02.02/C/2515/2022 tentang Kewaspadaan terhadap Penemuan Kasus Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Etiologinya (Acute Hepatitis Of Unknown Aetiology).

Plt Kadis Kesehatan Kaltim Masitah menyatakan, pihaknya secara intensif melakukan monitoring terhadap kasus hepatitis akut yang tidak diketahui penyebabnya melalui pengamatan mingguan atau Sistem Kewaspadaan Dini dan Respon (SKDR).

"SKDR ini dilakukan seluruh rumah sakit dalam pengamatan kasus jaundice akut," ucap Masitah dikutip dari iNewsKutai, Kamis (5/5/2022).

Dia memastikan hingga saat ini belum ada laporan kasus hepatitis akut yang dilaporkan oleh dinas kesehatan serta rumah sakit di Kaltim. Masitah mengimbau agar masyarakat jangan panik dengan merebaknya kasus hepatitis anak.

Editor : Putra

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network