get app
inews
Aa Read Next : Korban Laka Maut Bus Pelajar Depok 66 Orang, Ada Penumpang Mobil dan Pengendara Motor

Karoseri Bus Terbaik Buatan Indonesia, Bandingkan siapa yang Paling Keren?

Rabu, 13 Juli 2022 | 17:07 WIB
header img
perusahaan karoseri mana saja di Indonesia yang menjadi langganan PO bus? (Foto: Galery Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Deretan karoseri bus terbaik buatan Indonesia berikut ini pasti sudah tidak asing lagi. Pamor karoseri buatan lokal terkenal akan kualitas dan digunakan oleh para perusahaan otobus (PO) terbaik di Tanah Air.

Karoseri adalah jasa pembuatan body dan interior kendaraan di luar chasis dan mesin yang diproduksi oleh pabrik. Perusahaan karoseri biasanya memproduksi body dan interior untuk kendaraan umum, termasuk bus.

Beberapa nama karoseri diklaim menjadi yang terbaik karena kualitas desain dan tampilannya yang keren. Berikut ini adalah beberapa karoseri bus terbaik buatan Indonesia yang dirangkum iNews.id, Rabu (13/7/2022).

5 Karoseri Bus Terbaik Buatan Indonesia:

1. Adi Putro

Karoseri Adi Putro telah berdiri sejak tahun 1973 dan telah memproduksi body dan interior mobil karoseri terbaik. Karoseri asal Malang ini juga diklaim sebagai pelopor tren bus tingkat di Indonesia. 

Tidak berlebihan jika Adiputro disebut sebagai karoseri terbaik. Pasalnya, telah banyak perusahaan otobus (PO) yang mempercayakan armada mereka untuk digarap oleh karoseri yang satu ini.  

PO ternama seperti Agra Mas, Budiman, ALS, Haryanto, Juragan 99, Lorena, NPM, Pahala Kencana, Pandawa 87, Rosalia Indah, Sinar Jaya dan yang lain sering memaki memakai karoseri ini untuk bus eksklusif.

2. New Armada

Masih dari Malang, New Armada juga masuk jajaran karoseri terbaik di Indonesia. Berdiri sejak 1974, perusahaan karoseri ini dipelopori oleh pengusaha David Herman Jaya.. 

Bermarkas di Jalan Raya Mertoyudan, proyek pertama New Armada awalnya adalah mobil  mobil pick up dengan chasis Mitsubishi Colt T120SS yang disulap menjadi sebuah kendaraan penumpang dengan desain yang keren dan menarik.

Karena kualitasnya, karoseri ini bahkan menembus pasar luar negeri. Beberapa produksinya diekspor ke sejumlah negara seperti Suriname, Kenya, hingga Bangladesh. Beberapa produknya telah banyak dikenal seperti Aristovo, All New Aristo, Evonext dan produk yang menjadi unggulan saat ini adalah Evolander Super High Deck. 

3. Tentrem 

Seperti Adiputro dan New Armada, karoseri Tentrem juga masih berasal dari Kota Malang. Karoseri ini unjuk gigi dengan berbagai keunggulan kualitas produknya yang keren. Hal itu dibuktikan dengan sertifikat resmi dari Mercedes-Benz mengenai standarisasi body builder di atas chassis Mercedes-Benz yang diterima oleh Tentrem.

Karoseri tentrem adalah karoseri pertama di Indonesia yang membangun body bus pada chasis Scania K380IB. Beberapa garapan Tentrem yang cukup populer dan disukai adalah Inspiro, Galaxy, Jupiter, Scorpion King.

Editor : Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut