get app
inews
Aa Read Next : Ledakan Petasan Balon Udara di Ponorogo, Begini Kondisi Korban

Idap Progeria, Gadis Remaja Punya Tampilan Wajah bak Nenek 60 Tahun

Senin, 25 Juli 2022 | 04:23 WIB
header img
Remaja idap progeria, (Foto: Oddity Central)

TAMPILAN wajah awet muda, jadi dambaan banyak wanita. Tapi nampaknya, hal ini hanya akan menjadi angan-angan bagi gadis remaja bernama Raizel Calago satu ini.

Pasalnya, Raizel yang secara usia baru berusia 16 tahun, tapi memiliki tampilan wajah yang jauh tampak lebih tua bahkan seperti nenek-nenek usia 60 tahun ke atas.

Hal ini sebagai akibat, karena penyakit langka yang ia idap, progeria, seperti dikutip dari Oddity Central, Minggu (24/7/2022). Mengidap progeria, membuat wajah gadis Filipina itu terlihat empat kali lebih tua dibanding usia aslinya. Artinya, di usia 16 tahun namun wajah Raizel tampak seperti nenek usia 64 tahun.

Disebutkan lebih lanjut, menua secara drastis ini dialami Raizel hanya dalam waktu dua tahun. Ia berubah dari seorang gadis muda yang cantik menjadi wanita tua. Ia bahkan kerap disangka sebagai nenek-nenek oleh sebagian orang.

Raizel mengisahkan, awalnya ia hanya melihat kerutan di kulitnya muncul hanya dalam beberapa hari setelah ruam muncul di sekujur tubuhnya. Setelah itu, ia mulai merasakan bintik-bintik merah dan gatal yang menyakitkan. Rasa sakit tersebut muncul ketika bintik merah itu disentuh.

Setelah menjalani pemeriksaan di dokter, Raizel kala itu diberitahu, penyakit tersebut disebabkan serangga. Meski sudah diresepkan obat, tetapi hal ini tetap tidak membantu. Dari sini lah, kemudian gadis berambut panjang itu mulai mengalami perubahan fisik pada penampilan wajahnya yang tampak menyerupai nenek-nenek.

Sejak penampilannya berubah, gadis 16 tahun menjadi minder dan malu untuk bergaul dengan teman-temannya seperti dulu. Dia memilih selalu keluar rumah dengan memakai masker yang menutupi sebagian besar wajahnya. Apalagi teman-temannya, tak berhenti bertanya kenapa wajahnya terlihat sangat tua dari hari ke hari.

"Mereka bertanya kepada saya mengapa penampilan saya makin tua. Saya tidak menjawabnya karena saya juga tidak tahu apa yang terjadi. Saya selalu berdoa agar saya menjadi lebih baik dan kulit serta penampilan saya yang lama akan kembali," kata Raizel.

Terkait penyakit yang ia idap, saat tampil di salah satu acara televisi, Raizel dipertemukan dengan ahli endokrinologi, dr. James Young. Sang dokter kala itu, mendiagnosis Raizel mengalami progeria.

Menurut dokter, kondisi yang sangat langka ini menyebabkan kerutan atau penuaan pada kulit. Selain itu, pertumbuhan menjadi terhambat dan meningkatkan risiko mengalami serangan jantung, gagal jantung, dan stroke.

Sayangnya, perubahan fisik yang disebabkan progeria tidak dapat diubah, sehingga yang bisa dilakukan dokter adalah melakukan yang terbaik untuk mencegah munculnya masalah kardiovaskular, mengupayakan pengobatan osteoporosis dan masalah persendian yang menjadi dua efek samping paling umum dari progeria.

Editor : Dinar Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut