get app
inews
Aa Read Next : Rahasia Kenapa Wanita Bali Cantik, Ada yang Potong Gigi

Gawat! Tanpa Disadari Kebiasaan Ini Bikin Kulit Cepat Tua

Rabu, 10 Agustus 2022 | 20:40 WIB
header img
Lupa pakai sunscreen bisa bikin Anda terlihat cepat tua (Foto: Timesofindia)

SETIAP orang pasti mendambakan kulit sehat, kencang, dan awet muda. Sebab itu, kesehatan kulit perlu dijaga dengan perawatan harian yang dilakukan secara konsisten.

Perawatan sederhana yang bisa dilakukan untuk kesehatan kulit yakni, menjaganya tetap bersih dan terhidrasi. Selain itu, jangan lupa juga melindungi kulit dari paparan sinar matahari dengan sunscreen.

Sebab, kebiasaan sepele seperti lupa mengenakan sunscreen bisa membuat kulit cepat tua, lho! Hal itu diungkapkan Dokter Klinik Kecantikan, dr Widya Rahayu Arini Putri dalam Podcast Aksi Nyata #DariKamuUntuklndonesia.

“Individu usia masih early 20, tapi dia timbul flek, itu mungkin banget. Biasanya, karena banyak faktor. Misalnya, lifestyle atau tidak concern akan pentingnya penggunaan sunscreen,” kata dr Widya di Podcast Aksi Nyata bertema ‘Mengenal Peran Dokter Estetika untuk Perawatan Kecantikan Kulit’ yang disiarkan langsung di YouTube Partai Perindo, Rabu (10/8/2022).

Dia menjelaskan, sunscreen sangat penting untuk melindungi kulit dari papaan sinar matahari. Sebab, paparan sinar matahari tersebut dapat membuat kulit lebih cepat mengalami penuaan.

“(Paparan sinar matahari itu) ada UVA untuk aging, UVB untuk burning. Jadi, burning itu yang membuat gelap, dan UVA itu untuk aging. Nah, keduanya ini kalau kita enggak ada perlindungan, akan menyebabkan kulit lebih cepat menua,” ujar dia.

Dia menyarankan, agar setiap orang tidak lupa mengenakan sunscreen di pagi hari. Tidak hanya saat ingin beraktivitas di luar rumah, tetapi juga bila berkegiatan di dalam ruangan atau indoor.

“Kalau memilih sunscreen itu harus memperhatikan kandungan SPF dan PA-nya berapa. Karena, SPF itu untuk melindungi UVB, kalau PA itu, UVA, sehingga yang ideal itu kalau di Indonesia minimal SPF 30 PA++,” jelas dia.

 

Editor : Dinar Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut