get app
inews
Aa Read Next : Viral, Pemain Uzbekistan Menghirup Sesuatu Saat Lawan Timnas Indonesia U-23

Deretan 7 Restoran Tertua di Indonesia, Mana Saja

Senin, 02 Januari 2023 | 17:12 WIB
header img
Deretan restoran tertua di Indonesia, salah satunya toko Oen (foto: istimewa)

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Di Indonesia ternyata ada berbagai restoran yang terbilang cukup lama hingga dibilang restoran tua. Selain tua restoran tersebut juga menyuguhkan beragam kuliner enak dan lezat di Indonesia yang bisa dicicipi.

Meskipun banyak masuknya restoran-restoran barat yang semakin menjamur, ternyata masih ada restoran yang menyajikan makanan khas Nusantara dan sukses mempertahankan eksistensinya hingga saat ini.

Penasaran ingin kulineran di salah satu restoran paling tua di Indonesia? Berikut ulasannya dirangkum.

1. Toko Oen

Toko Oen merupakan satu dari sedikit restoran di Indonesia yang masih dikelola oleh keluarga pendirinya. Terkenal dengan sajian kue, pastry, hingga es krim, toko Oen selalu menjadi tujuan wisata kuliner bagi siapapun yang datang ke Semarang dan Malang.

Apakah Anda bisa menebak berapa umur dari toko ini? Toko Oen berdiri sejak 1910-1937 di Yogyakarta, Jakarta (1934-1973), Malang (1936-1990), dan Semarang (1936 - sekarang), yang didirikan oleh Nyonya Liem Gien Nio yang merupakan istri dari Oen Tjoen Hok. Meskipun demikian, faktanya Toko Oen buka pertama kali di Yogyakarta, setelah 27 tahun bertahan di Kota Gudeg mereka kemudian memindahkan gerainya ke Semarang.

2. Wong Fu Kie

Tempat makan ini merupakan restoran Chinese Hakka tertua di Jakarta dan telah berdiri jauh sebelum Indonesia merdeka dan masih buka hingga saat ini. Wong Fu Kie telah berdiri sejak 1925 atau 97 tahun yang lalu.

Tempatnya cukup tersembunyi, karena berada di antara pemukiman warga dan gang sempit yang terletak di Glodok, Jakarta Barat. Meskipun demikian Anda tak perlu khawatir akan kesulitan mencari restoran legendaris satu ini, karena pihak restoran telah memasang papan petunjuk. Makanan yang paling dicari dan menjadi daya tarik, karena tak dijual di tempat lain ini adalah menu makanan dengan nama Mun Kiaw Mien, mie dengan seafood dan juga jamur.

Editor : Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut