get app
inews
Aa
Read Next : Berikut Tips dan Langkah Jika WhatsApp Terblokir Akibat Spam

Deretan Kota Mati di Dunia yang Punya Kisah Mengerikan

Rabu, 02 November 2022 | 07:02 WIB
header img
Deretan kota mati yang punya cerita menyeramkan (ist)

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Tidak banyak yang tahu bahwa di belahan dunia ada beberapa kota mati yang mempunyai kisah mengerikan. Dimana sebelumnya kota-kota tersebut ramai hingga kemudian ditinggal penduduknya.

Namun, karena ada sejumlah alasan menyebabkan kota-kota ini ditinggalkan oleh para penduduknya. Lantas, kota mana sajakah itu? Simak ulasan iNews.id tentang kota mati yang mempunyai kisah mengerikan di dunia berikut ini.

Kota Mati yang Mempunyai Kisah Mengerikan di Dunia

1. Pripyat, Ukraina

Pripyat merupakan sebuah kota mati yang berada di dekat pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl di oblast kiev, Ukraina.
Kota ini dibangun pada 1970 yang diperuntukkan bagi para pekerja pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl. 

Kota ini sempat dihuni selama 16 tahun sebelum akhirnya menjadi kota mati. Hal ini terjadi setelah terjadi tragedi ledakan reaktor nuklir Chernobyl pada tahun 1986 yang merupakan bencana nuklir terparah sepanjang sejarah.

2. Wittenoom, Australia


Wittenoom, Australia (Ist)

Wittenoom merupakan sebuah kota kecil yang ada di Australia Barat. Sebelum menjadi kota mati, Wittenoom dulunya terkenal sebagai lokasi tambang asbes. 

Kota ini bahkan menjadi satu-satunya pemasok asbes biru di Australia dari tahun 1950-an hingga 1960-an. Kota ini ditutup pada 1966 setelah banyak warga menderita sakit akibat udara yang kotor.

Kemudian pada 2007, pemerintah resmi menutup Wittenoom dan mengambil langkah-langkah guna membatasi akses ke bekas kota ini serta menghapusnya dari semua peta resmi.

3. Centralia, Pennsylvania

Kota mati yang mempunyai kisah mengerikan di dunia berikutnya adalah Centralia yang ada di Columbia County, Pennsylvania, Amerika Serikat.

Di kota ini terdapat dua tambang batubara yang dibuka pada 1856. Namun, pada 1962 sebuah kebakaran dahsyat di tambang tersebut memaksa para penduduk diungsikan ke tempat lain.
Tempat ini masih terlarang untuk dimasuki hingga sekarang, karena hingga saat ini api yang melalap tambang tersebut masih berkobar di bawah tanah.

4. Craco, Italia

Craco merupakan kota abad pertengahan berada di Daerah Basilicata, Provinsi Matera, sekitar 25 kilometer dari daratan Teluk Taranto. Kota ini diketahui sudah ada sebelum tahun 1060. 

Tadinya, Craco dihuni sekitar 2000 orang. Namun 1656, sebuah wabah mematikan menyerang kota ini dan menyebabkan ratusan penduduknya meninggal dunia. Setelah wabah tersebut, rangkaian peristiwa bencana alam yang menimpa Craco memaksa penduduk untuk bermigrasi ke tempat lain.

5. Nagoro, Jepang

Nagoro terletak 550 kilometer di barat daya Tokyo. Saat mengunjungi kota ini kamu akan merasakan sensasi seperti dalam setting film horror.

Pasalnya, tempat ini dipenuhi boneka seukuran manusia yang tersebar di berbagai titik. Ide membuat boneka-boneka ukuran manusia ini dicetuskan oleh seniman Ayano Tsukimi yang kesepian lantaran hanya tersisa sedikit saja orang di kota yang sunyi itu.

Setiap ada tetangganya yang meninggal dunia atau pergi meninggalkan desa, Tsukimi akan membuat boneka tiruan mereka dan menempatkannya seperti sedang melakukan aktivitas seperti biasanya.

Itulah deretan kota mati yang mempunyai kisah mengerikan di dunia. Apakah kamu tertarik mengunjunginya?
 

 

Artikel ini telah tayang di iNews.id dengan judul: https://www.google.com/amp/s/www.inews.id/amp/news/internasional/5-kota-mati-yang-mempunyai-kisah-mengerikan-di-dunia-berani-mengunjunginya

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut