get app
inews
Aa Read Next : Ramadhan Tiba, Mahasiswa UNIDA Gontor Ponorogo Ajari Siswa SD Membaca Alquran

Melihat Gunung Pelangi di China yang Telah Tertulis Didalam AlQuran

Kamis, 24 November 2022 | 15:19 WIB
header img
Gunung Pelangi di China tertulis di AlQuran (istimewa)

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Memang berbagai fenomena alam yang terjadi dibelahan bumi ini sudah tertulis di kitab suci Al Quran. Dimana diantaranya adalah soal gunung pelangi Zhangye Danxia yang terletak di China.

Gunung pelangi Zhangye Danxia terletak di kota terpencil di Provinsi Gansu, sebelah utara China yang telah dinobatkan sebagai taman nasional.

Sesuai dengan namanya, gunung pelangi Zhangye Danxia memiliki corak garis-garis berwarna-warni yang serupa dengan pelangi. Gunung ini tertulis di Surat Al-Fathir ayat 27 yang mana jika diterjemahkan adalah sebagai berikut:

"Tidakkah kamu melihat bahwasanya Allah menurunkan hujan dari langit, lalu Kami hasilkan dengan hujan itu buah-buahan yang beraneka macam jenisnya. Dan di antara gunung-gunung itu ada garis-garis putih dan merah yang beraneka macam warnanya dan ada (pula) yang hitam pekat."

Melansir dari situs resminya, Kamis (24/11/2022), Zhangye Danxia terletak di bagian utara China sekitar pertengahan perbatasan dengan Mongolia. Gunung yang sudah ditetapkan UNESCO sebagai warisan dunia itu terletak di kaki Pegunungan Qilian.

Zhangye Danxia meliputi area seluas 322 km persegi. Gunung terkenal dengan tampilan warna yang menakjubkan di perbukitan dan formasi bebatuan. Media setempat menetapkan wilayah itu sebagai salah satu pemandangan paling menakjubkan di seluruh China.

Formasi bebatuan dan perbukitan hampir terlihat seperti dicat. Bentang alamnya nyata. Dapat dikatakan bahwa Zhangye National Geopark adalah taman nasional paling berwarna di dunia.

Lanskap berwarna-warni Zhangye Danxia diciptakan oleh batu pasir dan mineral yang berlapis di atas satu sama lain selama bertahun-tahun dengan pergeseran lempeng tektonik menciptakan lapisan dicat miring melintasi formasi batuan dan perbukitan batu pasir.

Hujan, angin, dan waktu semakin memahat formasi batuan dan perbukitan menjadi berbagai pajangan pilar dan jurang. Erosi dan lempeng tektonik juga turut berperan untuk menciptakan pola yang menakjubkan untuk dilihat oleh semua orang.

Al Quran menjelaskan sejumlah fenomena mulai dari pertemuan dua air laut yang tidak menyatu, api di dasar laut, hingga gerhana Matahari.

 

 

 

artikel ini telah tayang di iNews.id dengan judul: Mengenal Zhangye Danxia, Gunung Pelangi di China yang Disebut Dalam Al Quran

Editor : Dinar Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut