Logo Network
Network

Keren! Festival Nasional Reog Ponorogo Masuk KEN 2023

Putra
.
Minggu, 29 Januari 2023 | 13:13 WIB
Keren! Festival Nasional Reog Ponorogo Masuk KEN 2023
Festival Reog Nasional Ponorogo masuk dalam KEN 2023 (foto: iNewsPonorogo.id/Putra)

PONOROGO, iNewsPonorogo.id - Event berskala nasional yang ada di Ponorogo yaitu Festival Nasional Reog Ponorogo (FNRP) masuk dalam Kharisma Event Nasional (KEN) tahun ini. Artinya sudah kali kedua Festival Reog masuk didalam KEN, atau kalender wisata nasional oleh Kementrian Pariwisata dam Ekonomi Kreatif.

“Berarti ini sudah kali kedua masuk KEN. Tahun 2023 ini Festival Reog masuk 10 besar atau Top Ten,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Pemuda Olahraga (Disbudparpora) Ponorogo, Judha Slamet Sarwo Edhi.

Lanjutnya, masih menurut Judha, bahwa untuk masuk dalam KEN tidaklah mudah, karena harus bersaing dengan 300 lebih event dari seluruh daerah di Indonesia yang mengajukan diri untuk masuk KEN tahun 2023.

“Tahun ini yang mengajukan lebih dari 300 event. Diseleksi lalu ditetapkan oleh Kemenkraf. Tahun ini ada 110 event se Indonesia, termasuk Festival Reog,” terangnya.

Masih menurut Judha, Festival Reog lolos dalam penilaian tim kurator Kemenparekraf. Indikator penilaian mulai dari, event, pemberdayaan seniman masyarakat, pelaku pariwisata dan dampak pariwisata.

“Selain pertunjukan, ada dampak ekonomi hingga regenerasi dalam seni dan budaya. Kami diuji, dan alhamdulillah lolos,” ungkapnya.

Menurutnya, saat penilaian dipaparkan bagaimana Festival Reog baik seni dan budaya, dan unsur lainnya. Hasilnya Festival Reog meraih nilai tertinggi ke dua dari 110 event unggulan se Indonesia.

“Nomor satu dieng culture festival, 2 adalah Festival Nasional Reog Ponorogo. Terimakasih bupati dan wakil bupati, dan semua pihak,”pungkasnya.

Kemenparekraf telah meluncurkan KEN 2023 di area Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Ada 110 event di Indonesia yang masuk dalam agenda KEN 2023.

Dari Jawa Timur, ada 8 event yang masuk agenda KEN 2023. Adalah Jember Fashion Carnival,  Festival  Nasional Reog Ponorogo, Festival Gandrung Sewu Banyuwangi, East Java Fashion Harmoni, Festival Rujak Ulek Surabaya, Banyuwangi Ethno Carnival, Batu Street Food, dan Festival Musik Tradisional Rontek Pacitan.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.