get app
inews
Aa Read Next : Harga Uang Kuno Kertas Rp500 Tahun 1992 Tembus Rp50 Juta

Berikut Wujud dan Gambar Uang Logam Pertama di Dunia

Jum'at, 28 April 2023 | 21:43 WIB
header img
Uang Koin pertama di dunia Foto: ilustrasi/MNC Media

JAKARTA, iNewsPonorogo.id – Mungkin tidak banyak yang tahu mata uang pertama di dunia dalam sejarah yang ternyata diciptakan oleh Kekaisaran Lydia kuno. Pada awalnya, koin-koin itu tidak lebih dari sekadar potongan logam dengan ukiran sederhana, dan menampilkan karakter dari mitologi Yunani.

Mengutip Egypt Today, orang Lydia kuno menemukan koin sebagai alat pembayaran serta mewakili perubahan mendasar di kehidupan sosial manusia. Penemuan tersebut mewakili bagian penting dari sejarah perdagangan antarmanusia sejak 600 sebelum Masehi (SM). 

Uang koin tersebut menjadi mata uang resmi Kekaisaran Lydia yang digunakan selama bertahun-tahun.

Berbeda dengan metode yang digunakan untuk barter, koin pertama kali dikeluarkan oleh otoritas pusat atau pemerintah. Koin yang diproduksi orang Lydia kuno terbuat dari emas dan perak. 

Uang logam pertama di dunia, ternyata bergambar karakter mitologi Yunani. Foto: Egypt TodayUang logam pertama di dunia, ternyata bergambar karakter mitologi Yunani. Foto: Egypt Today

Ketika dibuat dari logam mulia seperti emas, koin memiliki nilai intrinsiknya. Hal ini menjadikan koin sebagai penemuan yang luar biasa karena sulit dipalsukan dan memiliki nilai yang tinggi.

Sejarawan numismatik setuju bahwa koin Lydia adalah koin pertama yang dikeluarkan secara resmi dan berfungsi sebagai model untuk hampir semua koin berikutnya di mana pun.

Koin tertua di bumi pun diyakini berasal dari pemerintahan Raja Alyattes yang berkuasa di Lydia dari 619 hingga 560 SM.

Kekaisaran Lydia ada sebuah provinsi di Asia Kecil Barat, adalah tetangga penduduk Yunani Ionia yang menetap di sepanjang Pantai Barat, yang sekarang disebut Turki. 

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut