get app
inews
Aa Read Next : Petugas Damkar Evakuasi 2 Ular Berukuran Besar Resahkan Warga Ponorogo

Kuliner Unik Peyek Laron di Ponorogo, Ternyata Ada Sejarahnya

Rabu, 06 Desember 2023 | 20:46 WIB
header img
Mengenal sejarah rempeyek laron yang jadi kuliner di beberapa daerah foto: istimewa

PONOROGO, iNewsPonorogo.id - Dibeberapa daerah memang sering dijumpai beragam kuliner khas, namun tidak jarang juga ada makanan atau minuman unik, seperti halnya rempeyek laron. Makanan berbahan dasar hewan laron, yang diolah menjadi rempeyek atau peyek, dikenal di masyarakat Yogyakarta, Boyolali, dan Wonogiri, hingga Ponorogo.

Sebagian orang mungkin menilai bahwa olahan dari laron ini terdengar aneh atau bahkan menjijikan. Namun, di balik kesan tersebut, masyarakat setempat percaya bahwa laron mengandung protein tinggi yang bermanfaat bagi tubuh.

Laron, pada dasarnya, adalah rayap jantan dan betina yang telah mencapai usia matang. Rayap ini memiliki sayap, dan umumnya muncul pada awal musim hujan saat mereka mencari pasangan untuk melakukan reproduksi dan membentuk koloni baru.

Sejarah mencatat bahwa makanan ini telah ada sejak zaman penjajahan Jepang di Indonesia. Pada masa itu, sumber daya alam Indonesia dimanfaatkan, dan masyarakat pun memanfaatkan laron sebagai sumber bahan makanan mereka.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut