get app
inews
Aa Read Next : Harga Uang Kuno Kertas Rp500 Tahun 1992 Tembus Rp50 Juta

Ada Kabar Harga Pertamax Naik per 1 April, Ini Tanggapan Pertamina

Rabu, 30 Maret 2022 | 18:58 WIB
header img
Ilustrasi pengisian BBM Pertamax di Pom Bensin Pertamina. (Foto: dok iNews)

JAKARTA, iNews.id - Pertamina dikabarkan akan menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBMPertamax pada 1 April mendatang. Hal ini dikarenakan harga minyak dunia yang masih bergolak.

Pjs Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Subholding Commercial & Trading Pertamina, Irto Ginting menanggapi kabar naiknya harga ini. Menurutnya, Pertamina masih terus meninjau kenaikan harga Pertamax.

"Masih kami review," ungkapnya singkat kepada MNC Portal Indonesia, Rabu (30/3/2022).

Irto masih belum bisa memastikan kapan peninjauan tersebut rampung. Di sisi lain, harga keekonomian BBM non subsidi, terutama BBM RON 92, terus meningkat.

Pada Maret saja, nilai keekonomian Pertamax mencapai Rp 14.526. Bulan April, nilai keekonomiannya diprediksi menembus Rp 16.000 per liter. Padahal, harga jual Pertamax saat ini dibanderol Rp 9.000 hingga Rp 9.500 per liter.

Artinya, beban subsidi negara untuk Pertamax saja melonjak hingga Rp 7.526 per liter. Sebenarnya, pemerintah memberi sinyal tidak langsung soal kenaikan harga Pertamax. Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, sudah saatnya harga Pertamax dikaji ulang.

"Dengan harga BBM Pertamax Rp 9.000 ini bisa dikatakan posisinya Pertamina saat ini seakan-akan mensubsidi Pertamax. Dan ini jelas, artinya Pertamina subsidi mobil mewah yang pakai Pertamax. Ini perlu dihitung ulang supaya ada juga keadilan, jangan sampai Pertamina memberikan subsidi yang begitu besar kepada mobil mewah yang memanfaatkan Pertamax," ujar Arya beberapa waktu lalu.

Editor : Dinar Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut