Logo Network
Network

Emil Dardak Terpilih sebagai Ketua DPD Demokrat Jatim 2022-2027, Ini Targetnya

Ihya Ulumuddin
.
Sabtu, 02 April 2022 | 16:14 WIB
Emil Dardak Terpilih sebagai Ketua DPD Demokrat Jatim 2022-2027, Ini Targetnya
Ketua DPD Partai Demokrat Jatim Emil Elestianto Dardak. (Foto: iNews.id/ihya' ulumuddin).

SURABAYA, iNews.id - Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Emil Elestianto Dardak terpilih sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Jatim periode 2022-2027. Emil ditetapkan sebagai ketua setelah bersaing ketat dengan menantu mantan Gubernur Jatim Soekarwo, Bayu Airlangga pada Musyawarah Daerah (Musda) beberapa waktu lalu. 

Penunjukan Emil ini disampaikan Ketua BPOKK DPP Partai Demokrat Herman Khaeron beberapa saat lalu. "Emil Elestianto Dardak dipilih menjadi ketua periode 2022-2027," katanya.

Penunjukan Emil ini pun disambut syukur sejumlah pengurus dan Emil. Tadi Malam, mantan Bupati Trenggalek ini bahkan langsung menggelar syukuran dan doa bersama dengan anak yatim di Pondok Pesantren Al Jihad, Kota Surabaya. 

Kegiatan sederhana yang juga diisi santunan itu menurut Emil bertujuan untuk sama-sama mensyukuri proses yang telah berlangsung di Demokrat. "Jadi, bukan mensyukuri saya yang menjadi ketua, tapi mensyukuri prosesnya Demokrat yang sudah selesai," ujarnya, Jumat (1/4/2022) malam.

Emil juga berkomitmen untuk membesarkan partai secara bersama-sama, kendati sempat terjadi dinamika di tubuh internal seiring pelaksanaan musyawarah daerah beberapa waktu lalu. Karenanya dia berjanji akan me ngakomodasi semua kekuatan untuk membangun komposisi (kepengurusan) terbaik demi kebesaran partai. 

"Tidak perlu dibahas lagi saat musda memilih siapa. Kami dari awal bareng-bareng sehingga membangun partai harus bersama-sama," ujarnya.

Emil mengatakan, setelah ditunjuk DPP Demokrat menjadi ketua DPD Demokrat Jatim, dia duberi waktu hingga dua minggu ke depan untuk segera menyusun kepengurusan. Karenanya dia akan melaksanakan ketentuan itu sebaik-baiknya.

"Kami sudah diberi pesan, siapa pun yang dapat amanah dalam waktu 14 hari harus segera menyelesaikan kepengurusan provinsi," katanya. 

Penyusunan kepengurusan ini dilakukan lewat proses formatur yang telah melalui persetujuan oleh BPOKK DPP Partai Demokrat. Emil memang belum merinci lebih jauh, namun dia menyebut sejumlah komposisi yang dibutuhkan, yakni figur kepengurusan yang membangun soliditas internal dan mengedepankan profesionalisme. 

Selain itu pengurus yang terbentuk harus memiliki dedikasi, optimisme serta mengedepankan energi baru untuk masyarakat Jawa Timur. Dia berharap kepengurusan baru bisa mengembalikan kejayaan Demokrat di Jatim, termasuk menempatkan wakil rakyat di daerah pemilihan yang sekarang kosong.

"Jatim adalah basis Demokrat. Pak SBY adalah putra Pacitan, Pakde Karwo juga selama 10 tahun memimpin Jatim diusung Demokrat. Kemudian periode Gubernur Khofifah dan saya juga diusung Demokrat," katanya.

 

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News

Bagikan Artikel Ini