Manfaat Daun Binahong, Bisa Mengobati Panas Dalam yang Tak Kunjung Sembuh

Siska Permata Sari
Manfaat daun binahong. (Foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id Manfaat daun binahong, cara mengobati panas dalam yang tak kunjung sembuh. Tumbuhan atau tanaman kerap dijadikan sebagai obat herbal yang mujarab. Salah satunya tanaman binahong atau anredera cordifolia. 

Daun Biahong ternyata memiliki banyak manfaat, apa saja? 

Guru Besar di Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof Elin Yulinah mengungkapkan ragam manfaat daun binahong atau tanaman binahong. Dia mengatakan, hal itu disimpulkan usai melalui beberapa kali ujicoba di laboratorium ITB.

“Kita sudah melakukan lebih dari 13 kali pengujian untuk tanaman binahong,” ujarnya seperti dikutip iNews.id dari situs resmi ITB, Selasa (12/7/2022).

Dia menjelaskan, manfaat daun binahong cara mengobati panas dalam yang tak kunjung sembuh ini di antaranya sebagai obat anti tuberculosis, antiobesitas, anti diabetes hingga anti-inflamasi. Tak sampai di situ, manfaat daun binahong juga berkhasiat dalam menurunkan efek tekanan darah, sebagai obat antihyperlipidemia, dan memiliki khasiat untuk penghambatan xanthine oksidase. 

“Tanaman binahong memiliki khasiat dalam mengatasi gagal ginjal, bisa juga untuk asam urat, binahong juga bagus untuk proses penyembuhan luka,” jelasnya.

Hal ini diketahui berdasarkan hasil ektraksi yang diujikan kepada hewan. Lebih lanjut, penelitian terkait tanaman binahong ini juga telah melalui uji keamanan pada hewan yang sedang mengandung.

“Binahong itu aman jadi tidak menimbulkan kecacatan pada janin,” kata Prof Elin Yulinah.

Cara menggunakan tanaman binahong

Manfaat daun binahong, cara mengobati panas dalam yang tak kunjung sembuh. Demi mendapatkan khasiat tanaman binahong, cara pengaplikasian yang paling baik adalah dari konsentratnya. Namun, ada pula cara tradisional, yaitu dengan merebus tanaman tersebut dan air rebusannya diminum langsung. 

“Ada juga yang memakan daunnya beberapa helai secara langsung," kata dia.

Editor : Putra

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network