Observatorium Ponorogo Gagal Melihat Hilal, Awal Puasa Tetap Kamis 23 Maret 2023

Putra
Observatorium Ponorogo gagal melihat hilal awal puasa foto: iNewsPonorogo.id/Putra

PONOROGO, iNewsPonorogo.id - Rukyatul Hilal di Ponorogo digelar Badan Hisab Rukyat Kemenag Kabupaten Ponorogo, Rabu (22/3/2023), di Observatorium Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Ponorogo. Hasilnya hilal tidak terlihat.

Terlihat dilokasi pemantauan di lakukan sesuai kesepakatan adalah 17.45 wib hingga 18.13 wib. Data koordinat pada  7 derajat Lintang Selatan, 111 derajat bujur timur dengan ketinggian 135 meter.

Hasil perhitungan tenggelam matahari pada pukul 17.45 wib. Tinggi hilal minimal 3 derajat, elongasi minimal 6 derajat. Tenggelam matahari pukul 18.13 wib.

Dari pemantauan, salah satu faktor tidak terlihatnya hilal karena dipengaruhinya kondisi cuaca dan tertutup awan yang menutupi langit Ponorogo.

"Kondisi langit dari sekitar Observatorium Ponorogo memang semakin tebal. Sehingga memang hilal dalam kondisi tersebut tidak bisa kita identifikasi atau kita lihat," kata Kepala Kantor Kemenag Ponorogo, Nurul Huda.

Lanjutnya, Huda menerangkan bahwa di Indonesia ada 124 titik yang untuk rukyatul Hilal. Di Jawa Timur sendiri ada 27 titik termasuk di bumi reog.

“Ini tadi tang terlihat ada di Kabupaten Gresik dan Bangkalan. Ponorogo tidak terlihat karena mendung. Tapi karena ada yang melihat berarti besok puasa,” pungkasnya.

Seperti diketahui bahwa Pemerintah melalui Kementrian Agama telah menetapkan bahwa awal puasa pada tahun ini jatuh pada Kamis 23 Maret 2023.

Editor : Putra

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network