Ternyata Ada Kelurahan Terkecil, Lokasinya di Ponorogo

Putra
Kelurahan Tamanarum menjadi salah satu Kelurahan terkecil di Indonesia foto: iNewsPonorogo.id/Putra

PONOROGO, iNewsPonorogo.id - Kabupaten Ponorogo memang cukup dikenal dengan kebudayaan dan kesenian tradisional yang mendunia. Akan tetapi di tengah keragaman luas wilayah desa dan kelurahan di Indonesia, sebuah fakta menarik muncul dari Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Kelurahan Tamanarum, yang terletak di kabupaten tersebut, mungkin bisa dibilang menjadi salah satu kelurahan terkecil di Indonesia. 

Berdasarkan data terbaru per 31 Juli 2023, kelurahan Tamanarum, yang ada di Kecakatan Kota ini cuma mempunyai luas wilayah hanya sekitar 10,5 ha atau cuma 1 kilometer persegi. Kelurahan Tamanarum menghadirkan fenomena unik di tengah wilayah administratif yang lebih luas pada umumnya.

Meskipun memiliki ukuran yang terbatas, kelurahan ini memiliki jumlah penduduk yang sangat padat. Kelurahan Tamanarum dihuni oleh 1110 jiwa atau dengan sekitar 420 kepala keluarga. 

Kemudian jika dilihat, di Kelurahan Tamanarum juga terdapat banyak sekali pertokoan, karena memang letaknya di tengah Kota, bahkan tidak jauh dari kantor Pemkab Ponorogo.

Penduduk di Kelurahan Tamanarum juga beragam namun kebanyak adalah wiraswasta dan pegawai serta karyawan.

Kehadiran Kelurahan Tamanarum sebagai kelurahan terkecil memberikan inspirasi bahwa ukuran bukanlah penghalang untuk meraih kemajuan.

Di balik luas wilayah yang mungkin lebih kecil dari kebanyakan kelurahan lainnya, terdapat semangat warga yang luar biasa dalam membangun komunitas yang kuat dan berdaya.

Editor : Putra

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network