Kisah Abdullah bin Salam, Pemuka Yahudi Memeluk Islam karena Tahu Isi Kandungan Taurat

Rusman Hidayat Siregar
Abdullah bin Salam, pemuka Yahudi yang masuk Islam karena tahu isi kandungan Taurat. Foto: Ilustrasi/Ist

JAKARTA, iNews.id - Jika orang-orang Yahudi dan Nasrani sungguh-sungguh mengikuti dan meyakini Kitab Taurat dan Injil, mereka pasti akan mengakui bahwa Al-Qur'an berasal dari Allah dan Nabi Muhammad SAW adalah utusan-Nya, sebagaimana yang terjadi pada Abdullah bin Salam radhiyallahu 'anhu.

Abdullah bin Salam, seorang pemimpin Yahudi di Madinah, memeluk Islam pada tahun 622 Masehi di masa Nabi. Nama aslinya adalah Hushain bin Salam bin Harits.

Ketika rahib-rahib Yahudi memusuhi Islam, Abdullah bin Salam justru mengakui kebenaran Islam dan kenabian Rasulullah SAW.

Awalnya, Abdullah bin Salam adalah seorang rahib dan pemimpin Yahudi yang dihormati di Madinah. Sebagai rahib Yahudi, ia memiliki pemahaman mendalam tentang isi Kitab Taurat dan tahu tentang kabar datangnya seorang Nabi dari kalangan bangsa Arab.

Kesaksiannya membenarkan Al-Qur'an dan keimanannya kepada Nabi Muhammad diabadikan Allah dalam Al-Qur'an.

قُلۡ اَرَءَيۡتُمۡ اِنۡ كَانَ مِنۡ عِنۡدِ اللّٰهِ وَكَفَرۡتُمۡ بِهٖ وَشَهِدَ شَاهِدٌ مِّنۡۢ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَلٰى مِثۡلِهٖ فَاٰمَنَ وَاسۡتَكۡبَرۡتُمۡ‌ ؕ اِنَّ اللّٰهَ لَا يَهۡدِى الۡقَوۡمَ الظّٰلِمِيۡنَ 

Artinya: "Katakanlah, "Terangkanlah kepadaku, bagaimana pendapatmu jika sebenarnya (Al-Qur'an) ini datang dari Allah, dan kamu mengingkarinya, padahal ada seorang saksi dari Bani Israil yang mengakui (kebenaran) yang serupa dengan (yang disebut dalam) Al-Qur'an lalu dia beriman, kamu menyombongkan diri. Sungguh, Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim." (QS. Al-Ahqaf Ayat 10).

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network