Kisah Abdullah bin Salam, Rahib Yahudi Sangat Dihormati Masuk Islam, jadi Sahabat Nabi Muhammad SAW

Miftah H Yusufpati
Ketika para rahib Yahudi melancarkan permusuhan terhadap Islam, Abdullah bin Salam justru mengakui kebenaran Islam dan kenabian Muhammad SAW. Foto: ist

" Rasulullah SAW pun memasukkanku ke dalam salah satu rumah beliau. Pada saat yang sama orang-orang Yahudi datang menemui Rasulullah dan bertanya kepada beliau. Setelah itu, Rasulullah bertanya kepada mereka: "Bagaimana kedudukan orang yang bernama Al-Hushaini bin Salam di tempat kalian?"

Orang-orang Yahudi itu menjawab: "Ia pemimpin kami dan anak pemimpin kami. Ia uskup kami dan ulama kami." Usai mereka berkata seperti itu, aku keluar menemui mereka dan berkata kepada mereka: "Hai orang-orang Yahudi, bertakwalah kalian kepada Allah, dan terimalah apa yang telah datang kepada kalian. Demi Allah, kalian telah mengetahui bahwa beliau utusan Allah. Kalian mendapati beliau tertulis dalam kitab kalian di Kitab Taurat lengkap dengan nama beliau, dan ciri-ciri beliau. Sesungguhnya aku bersaksi bahwa beliau utusan Allah, beriman kepada beliau, membenarkan beliau, dan mengenal beliau."

Mereka berkata, "Engkau berkata bohong." Mereka pun mencaci-makiku. Aku berkata kepada Rasulullah: "Wahai Rasulullah, bukankah aku telah jelaskan padamu bahwa mereka kaum yang pandai membuat kebohongan, berkhianat, berdusta, dan jahat?" Aku tetap memperlihatkan keislamanku dan keislaman keluargaku. Bibiku, Khalidah binti Al-Harts juga masuk Islam dan keislamannya bagus." Penghuni Surga Salah satu keistimewaan Abdullah bin Salam dijuluki sebagai penghuni surga yang berjalan di muka bumi oleh Rasulullah SAW.

Dalam Hadis yang diriwayatkan Imam at-Tirmidzi, Ibnu Jarir, dan Ibnu Mardawaih dari 'Abdullah bin Salam sendiri. Ia menyatakan: "Allah telah menurunkan ayat-ayat Al-Qur'an tentang diriku. Diturunkan tentang diriku ayat: wa syahida syahidun min Bani Israil 'ala mitslihi, dan ayat: Qul kafa billahi syahidan baini wa bainakum wa man 'indahu 'ilmul kitab." (HR at-Tirmidzi)

Pernyataan Abdullah bin Salam ini dikuatkan oleh Hadis Rasulullah SAW dari Sa'ad bin Abi Waqqas, ia berkata: "Aku belum pernah mendengar Rasulullah SAW mengatakan kepada seorang yang ada di muka bumi bahwa ia termasuk ahli surga kecuali kepada Abdullah bin Salam; dan berhubungan dengan dirinya turun ayat: "Wa syahida syahidun min bani Isra'ila 'ala mitslihi." (HR Al-Bukhari)


 

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network