Viral Mbah Sarno Pejuang Veteran yang Terlupakan, Hidup Memprihatinkan Tinggal di Bekas Kandang Ayam

Kismaya Wibowo
Mbah Sarno pejuang veteran yang terlupakan, hidup memprihatinkan tinggal di bekas kandang ayam. Foto: iNews/Kismaya Wibowo

GUNUNGKIDUL, iNewsPonorogo.id - Nasib memilukan dialami oleh Mbah Sarno (84), seorang pejuang veteran dari Dusun Susukan II, Desa Genjahan, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Di masa tuanya, ia hidup sebatang kara dan harus menumpang di lahan milik saudara, tinggal di bangunan bekas kandang ayam.

Saat ditemui oleh iNews di kediamannya, Mbah Sarno masih tampak gagah meski usianya telah lanjut. Ia masih kuat, berbicara dengan lancar, dan pendengarannya masih baik. Ia mengaku terpaksa menumpang karena kondisi ekonomi yang terbatas tidak memberinya pilihan lain.

Mbah Sarno bercerita bahwa dulunya ia adalah seorang pejuang veteran yang mengabdikan hidup dan mati untuk membantu bangsa Indonesia. Namun, kondisinya kini seperti terlupakan.

Ia mengaku tidak pernah menerima tunjangan veteran. Sejak tahun 2014, ia telah mengajukan berkas permohonan veteran, namun tidak pernah diterima tanpa diberi tahu alasannya. Kondisi tersebut membuatnya hanya bisa mengandalkan belas kasihan dari lingkungan tempat tinggalnya.

Selama ini, ada sebuah yayasan yang berbelas kasihan dengan memberinya makan dua kali sehari, yaitu siang dan malam. Ia juga menerima bantuan dari gereja setempat.

"Saya tidak mendapatkan bantuan lainnya dan hanya memiliki BPJS saja," ujarnya, Senin (5/8/2024).

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network