Hepatitis Akut Ancam Nyawa Anak-Anak, IDI Beri Peringatan: Ini Penyakit Sangat Serius

Muhammad Sukardi
Ilustrasi hepatitis anak. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id Hepatitis akut diduga menjadi penyebab 3 anak di Jakarta meninggal dunia. Kementerian Kesehatan pun memberi peringatan pada penyakit ini dan mulai melakukan pengamatan lebih lanjut. 

Di sisi lain, Prof Zubairi Djoerban yang merupakan Pakar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menjelaskan, penyakit hepatitis akut yang dianggap misterius ini tak boleh dianggap sepele. Masyarakat harus mewaspadai infeksi tersebut dengan memperketat upaya pencegahan.

"Seberapa serius hepatitis misterius? Amat serius, karena beberapa anak meninggal. Bahkan 10 dari 145 pasien dengan hepatitis akut ini memerlukan transplantasi hati (kasus di Inggris)," terang Prof Zubairi Djoerban di Twitter, Rabu (4/5/2022).

Hepatitis misterius, kata Prof Beri, sapaan akrabnya, saat ini penyebabnya masih diselidiki para ahli, termasuk di Indonesia. Pada temuan kasus, penyebab penyakit ini diduga karena adenovirus 41, infeksi Covid-19, dan ada juga pasien yang mengalami kombinasi keduanya.

"Dan masih mungkin dipicu oleh penyebab lain," kata Prof Beri. 

Adenovirus sendiri merupakan virus umum yang menyebabkan penyakit seperti pilek, demam, sakit tenggorokan, bronkitis, pneumonia, dan diare. Adenovirus 41, lanjut Prof Beri, belum pernah terkait dengan hepatitis. "Patogen umum ini biasanya bisa sembuh sendiri," ujarnya. 

Dijelaskan juga oleh Prof Beri bahwa menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) ada kelompok khusus yang rentan terinfeksi hepatitis misterius ini. Mereka adalah bayi berusia 1 bulan hingga remaja berusia 16 tahun. Rentan usia tersebut didapat dari data usia pasien yang diidentifikasi. 

Editor : Putra

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network