Logo Network
Network

Jejak Suku Bermata Biru di Indonesia Terungkap, Tinggal di Pedalaman Buton

Donald Karauw
.
Kamis, 25 Agustus 2022 | 17:42 WIB
Jejak Suku Bermata Biru di Indonesia Terungkap, Tinggal di Pedalaman Buton
Suku Buton di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang dikenal memiliki mata biru. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Orang Indonesia pada umumnya memiliki bola mata hitam atau kecokelatan. Namun ternyata ada suku di Indonesia bermata biru, mirip orang-orang Eropa

Dari sejarah dan cerita rakyat setempat, jejak suku bermata biru di Indonesia ini merupakan hasil perkawinan campur dengan bangsa Portugisdi masa dulu. Salah satunya suku Buton yang tinggal di pedalaman Kabupaten Buton SelatanSulawesi Tenggara.

Beberapa masyarakat suku Buton memiliki mata biru terang dan berkulit cokelat. Mata biru mereka disebabkan kelainan genetik langka yang disebut Waardenburg Syndrome.

Namun, fakta lain menyebutkan warga suku Buton bermata biru karena hasil perkawinan silang dengan bangsa Portugis pada masa penjajahan.

Memiliki warna bola mata yang berbeda sering menjadi pusat perhatian. Karena keunikan inilah yang membuat orang merasa penasaran terhadap keberadaan manusia bermata biru.

Dikutip dari Disparsultra.id, di Buton ada seorang gadis cantik bernama Ariska Dala. Dia memiliki bola mata yang sangat indah, berwarna biru seperti Ayahnya La Dala. Bola mata mereka khas orang-orang Eropa.

Menurut La Dala, memiliki mata biru bukan sebagai kebetulan. Karena menurut cerita turun temurun keluarga, nenek moyang mereka yakni Raja Siompu II yang bernama La Laja dahulu menikahkan putrinya Wa Ode Kambaraguna dengan seseorang yang berbangsa Portugis sehingga perkawinan ini menjadi pangkal muasal keturunan  mata biru di Pulau Siompu, Buton Selatan.

Dalam lingkungan keluarga, Ariska merupakan keturunan keenam generasi bermata biru. Uniknya, dari keenam bersaudara hanya Riska yang memiliki bola mata berwarna biru.

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini