Logo Network
Network

Ukraina Meradang, Setelah Iran Pasok Drone ke Rusia

Anton Suhartono
.
Sabtu, 24 September 2022 | 13:45 WIB
Ukraina Meradang, Setelah Iran Pasok Drone ke Rusia
Iran drone militer (Foto: WANA via Reuters)

KIEV, iNews.id - Perang Ukraina dan Rusia belum ada habisnya, bahkan saling pamer peralatan tempur dan dukungan dari negara lain membuat keduanya terus memanas. Seperti hal nya Iran disebut memasok Rusiadengan drone bunuh diri. Hal ini  membuat Ukraina meradang. 

Ukraina mengaku mendapati bukti Rusia menggunakan drone Iran langsung dari medan pertempuran. Hal ini membuat Ukraina mengambil sikap tegas dengan menurunkan level hubungan diplomatiknya dengan Iran.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan keputusan Iran itu merupakan langkah bekerja sama dengan kejahatan. Sejauh ini ada delapan drone Iran yang ditembak jatuh.

"Hari ini tentara Rusia menggunakan drone Iran dalam serangan. Dunia akan tahu tentang setiap contoh kolaborasi dengan kejahatan dan itu akan mendapatkan konsekuensi yang tepat," kata Zelensky, dalam pesan video pada Jumat (23/9/2022) malam waktu setempat, dikutip dari Reuters.

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Ukraina sebelumnya mengancam, temuan drone buatan Iran di medan pertempuran ini akan berdampak serius bagi hubungan kedua negara.

"Menanggapi tindakan tidak bersahabat seperti itu, Ukraina memutuskan untuk mencabut akreditasi duta besar Iran dan mengurangi jumlah staf diplomatik kedutaan besar Iran di Kiev secara signifikan," bunyi pernyataan Kemlu.

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.