get app
inews
Aa Read Next : Tuban Kembali Gempa Berkekuatan Magnitudo 6,6, Terasa hingga Ponorogo

Terjadi Gempa Susulan di Tapanuli Utara, Berikut Laporan BMKG

Sabtu, 01 Oktober 2022 | 20:04 WIB
header img
BMKG catat ada gempa susulan. (Foto: ilustrasi)

JAKARTA, iNews.id - Setelah adanya gempa bumi pertama yaitu guncangan gempa magnitudo 6, yang kemudian dimutakhirkan menjadi 5,8. , Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan 24 gempa susulan melanda Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Gempa susulan itu mulai dari magnitudo 2,5 hingga 5,1 pada Sabtu (1/10/2022).

"Hingga pukul 04.05 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 24 aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) dengan magnitudo terbesar M5,1 dan magnitudo terkecil M2,5," ujar Plt Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono, Sabtu (1/10/2022) melansir Antara.

Daryono menjelaskan, gempa yang melanda Tapanuli Utara akibat aktivitas sesar besar Sumatra segmen Renun.

"Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar besar Sumatra segmen Renun," kata Daryono.

BACA JUGA:Gempa Guncang Tapanuli Utara, Ini Analisis BMKG

Daryono mengatakan hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip).

Gempa tersebut berdampak dan dirasakan di daerah Tarutung dengan skala intensitas VI MMI (getaran dirasakan oleh semua penduduk dan kebanyakan semua terkejut dan lari keluar), daerah Sipahutar dengan skala intensitas V MMI (getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun).

Editor : Dinar Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut