get app
inews
Aa Read Next : Malam Ini Terjadi Gerhana Bulan Penumbra di Ponorogo, Ini Penjelasannya

Berikut Jenis Meteorit yang Pernah Hantam ke Bumi

Sabtu, 15 Oktober 2022 | 15:37 WIB
header img
Sejumlah jenis meteorit yang pernah hantam bumi (ilustrasi / ist)

JAKARTA, iNews.id - Tidak banyak yang tahu, apa saja jenis meteor ada yang pernah menghantam Bumi. Setidaknya ada 5 meteorit terbesar yang pernah hantam Bumi yang perlu diketahui. 

Saat batu luar angkasa mendarat di permukaan, meteor sudah diminimalkan secara signifikan oleh gaya gesekan. Apalagi planet Bumi sebagian besar tertutupi air dan daratan tidak berpenghuni, sehingga serangan terkadang mudah ditangani. 

Kendati demikian, para ilmuwan mengetahui ada lima meteorit besar yang telah menabrak Bumi. Dampak tubrukan meninggalkan sisa-sisa raksasa yang masih dipelajari. 

Meteorit Terbesar yang Pernah Hantam Bumi

Meteorit Cape York
Meteorit mendarat di Bumi sekitar 10.000 tahun lalu dan sejarahnya secara unik terkait dengan perkembangan perabadan manusia di wilayah tersebut. 

Yang membedakannya dari benda-benda langit lain yang pernah jatuh ke permukaan Bumi adalah benda itu ditemukan dan dimanfaatkan dengan jelas oleh manusia selama ribuan tahun sebelum diidentifikasi oleh komunitas ilmiah (melalui University of Washington). Meteorit itu berbobot sekitar 20 ton dan menunjukkan tanda-tanda khas kerokan dan kerusakan dari penduduk setempat yang menggunakannya untuk membuat alat. 

Meteorit El Chaco
Meteorit El Chaco bagian dari kelompok Campo del Cielo yang ditemukan di bidang kawah seluas 60 km persegi yang terletak di Argentina. Meteorit ini berbobot 37 ton dan ditemukan pada 1969. 

Berbeda dengan meteorit Hoba, El Chaco jauh lebih bulat dan menghantam pada sudut tumbukan yang lebih langsung. Oleh karena itu ditemukan lima meter di bawah permukaan Bumi menggunakan detektor logam.

Editor : Dinar Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut