get app
inews
Aa Read Next : Fenomena Lubang Hitam Memakan Planet Lain Terungkap dalam Al-Quran

Terungkap Alasan Kenapa Planet Bumi Tidak Punya Cincin, ini Penjelasannya

Selasa, 27 Desember 2022 | 19:02 WIB
header img
Ilmuwan ungkap kenapa Planet Bumi tidak memiliki cincin (ilustrasi/ist)

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Di jagat raya ini memang sangat banyak sekali planet, salah satunya adalah yang ditempati manusia dan mahkluk lain yaitu Planet Bumi.

Namun diantara planet yang disekitarnya, Planet Bumi tidak memiliki cincin, sementara planet Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus memiliki cincin. Mengapa hal tersebut bisa terjadi 

Seperti diketahui bahwa cincin di sejumlah terdiri dari material yang berbeda-beda. Misalnya Saturnus, cicin yang mengitari planetnya berasal dari bongkahan es. Sementara Uranus, Neptunus, dan Jupiter dari material batu dan debu.

Para astronom meneliti dan memprediksi bahwa dari mana mereka berasal dan berapa umurnya dan terungkap bahwa cincin planet Saturnus sudah berusia miliaran tahun, sedangkan Uranus, Neptunus, dan Jupiter jauh lebih muda.

Kenapa Planet Bumi Tidak Memiliki Cincin, Ini Jawabannya!

Disitat dari Universe Today, Cincin Uranus, Neptunus dan Jupiter disebut tercipta dari debu yang tertiup ke luar angkasa akibat tumbukan planet-planet di sekitarnya. Cincin di sekitar Neptunus jauh lebih berdebu daripada sistem cincin lainnya.

Alasan mengapa Bumi tidak memiliki cincin adalah karena Bumi berada di posisi yang dekat dengan Matahari. Jika Bumi memiliki cincin es seperti Saturnus, jelas cincin tersebut akan meleleh karena paparan panas Matahari.

Cincin yang terdiri dari bongkahan batu dan debu juga tidak bisa diterima oleh Bumi kecuali jika itu hari kiamat karena mereka akan tertabrak oleh Bulan atau bahkan jatuh ke Bumi karena tersedot gravitasi.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut