get app
inews
Aa Read Next : Terbakar Cemburu, Pemuda Tega Bunuh Mantan Pacar dengan Racun Sianida

Kapolda Jatim Jelaskan Alasan Autopsi Korban Kanjuruhan Gagal Dilakukan

Rabu, 19 Oktober 2022 | 11:58 WIB
header img
Kapolda Jawa Timur Toni Harmanto (ist)

MALANG, iNews.id - Autopsi yang rencananya bakal dilakukan hari ini gagal, lantaran pihak keluarga tidak bersedia. Hal tersebut diungkapkan oleh Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Toni Harmanto.

"Bagaimana pun pelaksanaan autopsi salah satunya meminta persetujuan keluarga, informasi yang saya peroleh hingga saat ini bahwa keluarga sementara belum dihendaki untuk autopsi," kata Toni Harmanto, di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang, Rabu (19/10/2022).

Ia pun meluruskan adanya informasi ketidaksediaan keluarga diautopsi karena adanya intervensi dan dugaan intimidasi dari oknum aparat kepolisian. Mengingat informasi yang beredar beberapa keluarga korban sempat didatangi aparat, sebelum keputusan autopsi dilakukan.

"Tidak benar (informasi dugaan intimidasi keluarga korban), silakan bisa dikonfirmasi untuk itu, semua sudah diketahui publik, informasi - informasi itu silakan media juga bisa mengonfirmasi itu," tukasnya.

Saat ini kata dia, pihaknya fokus untuk melakukan penyidikan dan mengikuti rekonstruksi tragedisepakbola paling kelam di Indonesia ini di Mapolda Jawa Timur. Rekonstruksi sedianya dilakukan pada Rabu ini bersama tim gabungan Mabes Polri.

"Hari ini akan ada kegiatan rekonstruksi kami makanya akan kembali ke Surabaya bergabung dengan tim Mabes Polri, untuk bisa langsung menyaksikan rekonstruksi," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, kerusuhan pecah setelah laga Arema FC vs Persebaya Surabaya, pada Sabtu malam (1/10/2022) di Stadion Kanjuruhan Malang. Pertandingan sendiri dimenangkan tim tamu Persebaya dengan skor 2 - 3. Para suporter merangsak masuk ke lapangan dan menyerbu pemain. Banyak orang meninggal dunia karena tembakan gas air mata ke tribun, hingga membuat panik ribuan suporter dan terjadilah desak-desakan.

Akibat kejadian setidaknya 133 orang dikonfirmasi meninggal dunia dan ratusan orang luka-luka hingga Selasa sore (18/10/2022). Para korban ini tersebar di 24 rumah sakit dan fasilitas kesehatan di Kota Malang dan Kabupaten Malang.

Para korban mayoritas berdesakan meninggalkan stadion karena semprotan gas air mata polisi ke arah tribun penonton. Akibat para penonton mengalami sesak napas dan terjadi penumpukan hingga insiden terinjak-injak di pintu keluar stadion.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut