get app
inews
Aa Read Next : Berikut Tips dan Langkah Jika WhatsApp Terblokir Akibat Spam

Deretan Negara yang Punya Mata-mata Terbaik Dunia

Jum'at, 28 Oktober 2022 | 07:33 WIB
header img
Negara yang punya mata-mata terbaik dunia (ilustrasi / ist)

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Keberadaan mata-mata atau spy bukan jadi hal asing bagi masyarakat luas. Namun tidak banyak yang tahu negara mana saja di dunia yang memiliki agen atau badan mata-mata terbaik.

Mata-mata ini di setiap negara ini biasanya bertugas untuk mengumpulkan informasi penting, yang bisa memengaruhi kebijakan atau tindakan suatu negara.

Melansir India Times, berikut ulasan singkat 6 negara dengan mata-mata terbaik di dunia.

1. Israel

Mossad adalah mata-mata resmi milik negara Israel. Bermarkas di Tel Aviv, Institute for Intelligence and Special Operations ini adalah badan intelijen nasional Israel sama seperti CIA, memiliki agen aktif yang tersebar di seluruh dunia dan terlibat dalam pengumpulan intelijen, operasi rahasia, dan melindungi kepentingan orang-orang Yahudi.

2. Pakistan

Selain India, untuk di Asia Selatan, ISI (Inter-Services Intelligence), milik Pakistan juga disebut sebagai negara dengan mata-mata terbaik di dunia. Bermarkas di Islamabad, ISI yang didirikan sejak 1 Januari 1948 adalah pihak yang bertanggung jawab untuk memberikan penilaian intelijen keamanan kepada pemerintah Pakistan. ISI adalah agen intel paling penting di Pakistan loh!

3. Amerika Serikat

Negeri Paman Sam ini punya CIA (Central Intelligence Agency), yang kantornya berbasis di Langley, Virginia. Didirikan sejak 18 September 1947, CIA adalah intelijen sipil dari pemerintah federal Amerika Serikat dan garis pertahanan pertama untuk Amerika.

4. India

Salah satu negara besar di Asia Selatan ini punya badan mata-mata yang dinamakan RAW, Research and Analysis Wing. Salah satu tugas utamanya yakni mengumpulkan intelijen asing, kontra-terorisme, memberi masukan pada pembuat kebijakan India, dan memajukan kepentingan strategis luar negeri India. RAW sendiri didirikan setelah perang China-India tahun 1962 dan perang India-Pakistan tahun 1965.

5. Inggris

MI6 (Secret Intelligence Service) di Inggris ini sudah ada sejak 4 Juli 1909. Mata-mata yang sudah berusia kurang lebih 613 tahun, tak heran Inggris masuk sebagai negara yang memiliki mata-mata terbaik di dunia. Sebagai badan mata-mata Inggris, MI6 bekerja mengumpulkan intelijen asing Inggris dan juga memberikan kemampuan terselubung global untuk mempromosikan dan mempertahankan keamanan nasional dan kesejahteraan ekonomi negara untuk pemerintah Inggris.

6. Rusia

Bicara soal mata-mata, tak mungkin melewatkan negara satu ini. Ya, bukan sekedar imej di film-film semata. Rusia yang memiliki GRU atau yang dalam bahasa Inggris adalah Direktorat Intelijen Utama. GRU yang merupakan Badan Intelijen Utama Rusia, membuat negara ini jadi salah satu negara dengan mata-mata terbaik di dunia. GRU adalah badan intelijen asing terbesar Rusia.
 

 

 

 

artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul: https://travel.okezone.com/read/2022/04/30/408/2587614/6-negara-punya-mata-mata-terbaik-di-dunia?page=3

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut