get app
inews
Aa Read Next : Harus Tahu, Kenapa Burung Gereja Tak Boleh Dipelihara

Alasan Kenapa Manusia Belum Bisa Menggali Menembus Bumi

Jum'at, 25 November 2022 | 07:57 WIB
header img
Manusia belum bisa menggali menembus bumi (ilustrasi / ist)

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Meskipun bikin penasaran namun belum ada kemampuan manusia untuk menggali tanah sampai menembus inti Bumi. Mungkin sebagian orang pernah berandai-andai apa jadinya kalau hal itu bisa dilakukan.

Disadur dari kanal YouTube Kok Bisa?, Kamis (24/11/2022), ternyata jawaban dari hal itu adalah tidak bisa, karena faktanya semakin dalam inti Bumi akan semakin panas juga suhunya.

Diperkirakan bahwa suhu inti Bumi mencapai sekitar 6.000 derajat Celcius atau setara suhu permukaan Matahari.

Namun, semenjak adanya perkembangan dan kemajuan teknologi sebenarnya sudah memungkinkan bagi manusia untuk mencari tahu ada apa di bawah kaki kita berpijak.

Sebelumnya, pernah ada studi yang melakukan penggalian dengan jarak terdalam yang bisa digali manusia, yaitu hanya 12 kilometer.

Padahal ternyata, diameter yang dimiliki oleh Bumi kita ini adalah sekitar 12.742 kilometer sehingga masih ada ribuan kilometer lagi yang perlu ditempuh untuk menggali lebih dalam sampai dasar atau inti Bumi.

Jika manusia dapat menggali Bumi sampai menembus ke bagian inti permukaan Bumi, nyatanya hal tersebut bukan kegiatan yang menyenangkan.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut