get app
inews
Aa Read Next : Gibran ke Jakarta Hari Ini Bikin Penasaran Publik, Ada yang Mendampingi

Profil 3 Menantu Jokowi: Anak Pengusaha hingga Keturunan Raja, Erina Gudono Putri Profesor

Minggu, 11 Desember 2022 | 08:00 WIB
header img
Profil 3 menantu Jokowi, Selvi Ananda, Bobby Nasution hingga Erina Gudono putri profesor. Foto: iNews.id/YuyunHU

JAKARTA, iNewsPonorogo.id -- Berikut artikel lengkap soal profil 3 menantu Jokowi. Presiden Joko Widodo diketahui saat ini lengkap memiliki 3 menantu dari 3 anaknya yang sudah menikah.

Nama ketiga menantu Jokowi ini diantaranya ada Selvi Ananda istri Gibran Rakabuming, Bobby Nasution suami Kahiyang Ayu hingga Erina Gudono istri Kaesang Pangarep

Profil 3 menantu orang nomor 1 di Indonesia ini pun ternyata bukan orang sembarangan lho. Bibit bebet dan bobot 3 menantu Jokowi bisa dibilang bukan kaleng-kaleng. Ada yang anak pengusaha, keturunan raja hingga putri profesor.

Simak profil 3 menantu Jokowi secara lengkap berikut ini:

1. Selvi Ananda


Profil menantu Jokowi, ada Selvi Ananda istri Gibran Rakabuming. Foto: MPI

Selvi Ananda merupakan menantu pertama Jokowi, sekaligus istri dari Gibran Rakabuming Raka.

Wanita kelahiran Surakarta, 9 Januari 1989 ini merupakan anak bungsu dari pasangan Sri Partini dan Didit Supriyadi. Kedua orang tuanya merupakan pengusaha kuliner dan memiliki warung makan bernama 'Warung Bu Tin" yang terkenal di Solo.

Dilansir dari berbagai sumber, setelah lulus dari SMAN 1 Surakarta, Selvi Ananda melanjutkan pendidikannya di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa (STIE-AUB) Solo. Ia berhasil lulus jadi sarjana Akuntansi di tahun 2011 dengan predikat memuaskan dan IPK 3,4. 

Setelah lulus kuliah, Selvi Ananda pernah bekerja di sebuah bank swasta, yakni Bank Panin. Meski begitu, istri Gibran Rakabuming ini ternyata pernah menjadi presenter di sebuah stasiun TV lokal, TATV (Terang Abadi TV). Video jadul saat Selvi menjadi presenter TV pun sempat viral di media sosial.

Menantu Jokowi ini juga pernah mengikuti pemilihan putra-putri daerah, yakni Putra Putri Solo di tahun 2007. Lantaran gagal, Selvi mengikuti acara serupa di tahun 2009.

Di tahun itulah, Selvi Ananda bertemu dengan putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, yang saat itu menjadi juri dalam pemilihan tersebut. 

Keduanya semakin dekat ketika Selvi Ananda ditugaskan sebagai duta pariwisata Kota Solo di Singapura. Mereka kemudian resmi menjalin asmara di tahun 2010 hingga akhirnya menikah pada 11 Juni 2015 silam.

2. Bobby Nasution


Profil menantu Jokowi, ada Bobby Nasution suami Kahiyang Ayu (Foto: Instagram)
 
Muhammad Bobby Afif Nasution adalah menantu kedua Jokowi, sekaligus suami dari Kahiyang Ayu.

Pria kelahiran Medan 5 Juli 1991 ini merupakan anak dari almarhum Erwin Nasution dan Ade Hanifah Siregar. Bobby juga ternyata keturunan dari Raja Gunung Baringin Nasution di Panyabungan Timur, Mandailing Natal.

Mengenai riwayat pendidikannya, suami Kahiyang Ayu ini menghabiskan masa SD di Pontianak Kalimantan Barat, lalu SMP-SMA di Bandar Lampung.

Lulus SMA, Bobby Nasution melanjutkan kuliah di Institut Pertanian Bogor (IPB University) jurusan Agrobisnis di Fakultas Ekonomi dan Manajemen dan lulus di tahun 2009. Setelah itu, Bobby melanjutkan S2nya di IPB dengan mengambil jurusan manajemen dan lulus di tahun 2019.

Pada tahun 2011, menantu kedua Jokowi pernah bekerja di industri real estate. Pada 2016, Bobby bergabung dengan perusahaan real estate Grup Takke sebagai direktur pemasaran. Di luar real estate, Bobby juga sempat bekerja sebagai manajer klub sepak bola Medan Jaya pada 2014. Lalu menjadi Wakil Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) periode 2019-2022.

Saat ini, Bobby Nasution menjabat sebagai Wali Kota Medan sejak 26 Februari 2021. Kisah asmara Bobby dAn Kahiyang Ayu tak banyak disorot. Keduanya menikah 8 November 2018.

3. Erina Gudono


Profil menantu Jokowi, ada Erina Gudono istri Kaesang Pangarep (Foto: Instagram)

Terakhir, ada Erina Gudono yang menjadi menantu Jokowi setelah sah menjadi istri dari Kaesang Pangarep, pada Sabtu (10/12/2022).

Erina Gudono yang lahir di Pennysylvania, Amerika Serikat pada 11 Desember 1996 ternyata memiliki orangtua yang hebat.

Erina Gudono merupakan anak dari pasangan Profesor Dr. Mohammad Gudono, MBA, Aks, Ph.D dan Dra. Sofiatun Gudono, M. Si, Aks. Profesor Gudono adalah Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Gadjah Mada (UGM).

Selain cantik, Erina juga punya prestasi akademik dan karir yang cemerlang. Puteri ketiga dari 4 bersaudara merupakan lulusan Sarjana Jurusan ilmu Bisnis dan Manajemen di UGM pada 2018.

Lulus S1, Erina mendapatkan beasiswa LPDP dan melanjutkan jenjang masternya ke Columbia University jurusan Administrasi Publik sejak tahun 2021.

Tak hanya itu, Erina juga sempat mengikuti kursus singkat musim panas Bisnis dan Manajemen Ekonomi di The Chinese University of Hong Kong dan pertukaran pelajar di Showa Women’s University, Jepang.

Bahkan Erina sempat mendapatkan beasiswa Most Social Spirited Scholar dalam kegiatan UGM FEB Award. Gadis yang mahir menulis aksara Jawa ini juga pernah menjadi delegasi Harvard World Model United Nation. 

Di usianya yang masih 26 tahun, Erina Gudona juga tergolong punya karir yang mentereng. Istri Kaesang ini pernah bekerja sebagai Finance Analyst di J.P. Morgan, yakni sebuah perusahaan global di bidang layanan jasa keuangan. 

Sebelumnya, Erina juga tercatat sebagai Project at Payment System Policy Departement dan Assistant Manager Apprenticeship Bank Indonesia. Selain itu, Erina juga pernah menjabat sebagai Associate Brand Strategist Tokopedia sejak April 2019 sampai Oktober 2020.

Selain itu, berbagai kompetisi pernah dimenangkan Erina Gudono. Antara lain juara Business Project Competition di Tokyo, juara 1 National Business Plan Competition, dan juara 1 dalam AIESEC Social Initiative Competition. 

Istri Kaesang Pangarep Erina Gudono ini memang terkenal karena kecantikannya. Pada tahun 2020, Erina berhasil meraih juara pertama Dimas Diajeng Yogyakarta. Setelah itu, Erina mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam ajang kecantikan Puteri Indonesia 2022.

Dalam profil LinkedIn Erina, tidak kurang dari 20 lebih prestasi yang ia cantumkan. Jiwa sosial Erina pun tidak diragukan. Menantu keriga Jokowi ini sering mengikuti berbagai aktivitas sosial, seperti Sekolah Marjinal Yogyakarta. Paket ABC, organisasi Kisah Kasih untuk membantu UMKM yang terdampak pandemi Covid-19, pengembang pendidikan di Biak, Papua, dan lainnya.

Wah, ternyata profil 3 menantu Jokowi ini bukan kaleng-kaleng ya, mulai dari Selvi Ananda, Bobby Nasution hingga Erina Gudono. (*)

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut