get app
inews
Aa Read Next : Mantan Menko Bidang Kemaritiman Rizal Ramli Tutup Usia

Gunakan Falsafah Jawa, Pesan Menyentuh Jokowi untuk Kaesang dan Erina

Minggu, 11 Desember 2022 | 18:32 WIB
header img
Pesan Presiden Jokowi untuk Kaesang dan Erina saat pada saat ngunduh mantu (istimewa)

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Berbagai prosesi adat Jawa yang dilakukan pada pernikahan Kaesang Pangarep dam Erina Gudono telah dilalui. Pada prosesi Ngunduh mantu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pesan menyentuh kepada kedua mempelai.

Pada salah satu prosesi yang secara penuh menggunakan adat Jawa tersebut, Presiden Joko Widodo ikut terlibat dalam ritual Tumplak Punjen, tradisi yang mengumpulkan orang tua bersama anak-anaknya.

Saat Tumplak Punjen, Jokowi pun memberikan nasihat dalam bahasa Jawa, selayaknya kepala rumah tangga kepada buah hatinya, yang kini tengah berkeluarga seluruhnya. Tampak dalam perkumpulan tersebut, Gibran Rakabuming beserta istri, Kahiyang Ayu bersama suaminya yang Wali Kota Medan dan Kaesang bersama Erina.

"Untuk Anak dan Cucuku semua, kamu harus bisa menjalani berkeluarga agar berguna untuk sesama, berguna untuk bangsa, berguna untuk negara, berguna untuk agama, mikul duwur mendem jero (pikul setinggi-tingginya, pendam sedalam-dalamnya)," terang Jokowi menggunakan bahasa Jawa Kromo Inggil.

Jokowi pun memberikan pesan kepada putra sulungnya, Gibran Rakabuming, untuk menjadi suri tauladan kepada kedua adik-adiknya. Sementara itu, mantan Walikota Solo ini menasihati Kahiyang dan Kaesang agar patuh kepada kakaknya.

"Untuk anakku yang pertama, Gibran Rakabuming Raka supaya bisa mengayomi, menjadi teladan bagi adik-adikmu. Sedangkan, kalian sebagai adik-adiknya Gibran, harus berbakti dan hormati yang lebih tua, semua rukun dalam persaudaraan," pesan Jokowi.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut