get app
inews
Aa Read Next : Heboh! Video Pria Review Udara yang Dibelinya Seharga Rp5 Ribu, Banjir Komentar Netizen

Ingin Membeli Vespa, Simak Tips ini Agar Tidak Tertipu

Rabu, 04 Januari 2023 | 16:32 WIB
header img
Tips membeli Vespa Klasik bagi pemula (foto: istimewa)

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Motor Vespa kini memang lagi menjadi tren center. Sehingga motor klasik asal Italia tersebut lagi diburu, sebagian besar orang. Berikut tips jika ingin membeli agar tidak tertipu.

Para pemula yang ingin membeli Vespa klasik harus memiliki sedikit pengetahuan agar tidak tertipu saat membeli. Meski pada dasarnya membeli Vespa klasik tidak jauh berbeda dengan beli motor bekas pada umumnya.

Calon pembeli Vespa klasik butuh ketelitian dalam memilih, terlebih lagi bagi pemula yang belum mengerti bagian apa saja yang perlu dicek lebih lanjut.

Selain faktor usia yang sudah tua, Vespa klasik juga memiliki komponen mesin yang tak banyak orang tahu. Berbeda dengan motor-motor pada umumnya yang relatif mudah dipahami bagian apa saja yang perlu diperiksa.

Keputusan untuk membeli Vespa klasik juga harus dipikirkan secara matang agar tak kecewa di masa mendatang.

Simak tips membeli Vespa klasik bagi pemula agar tak tertipu.

1. Cek mesin

Untuk memeriksa mesin ada beberapa bagian, yakni kruk as, karburator, pengapian, dan kopling. Ini merupakan bagian yang paling sering bermasalah pada Vespa klasik dan memastikan kesehatannya.

Cara mengecek kruk as adalah dengan menekan kopling dan menggoyangkannya untuk memastikan tidak goyang ke samping atau atas-bawah. Apabila goyang ke atas, bawah, atau samping, maka itu akan berisiko ke depannya.

Sedangkan untuk mengeceek karbu, minta izin kepada penjual untuk membuka karburator Vespa tersebut. Pastikan karbu orisinal dengan merek Dellorto, meski produk aftermarket juga memiliki kualitas yang bagus saat ini.

Untuk pengapian juga perlu dicek, karena Vespa klasik tahun 1970-an ke bawah itu masih menggunakan platina. Sedangkan untuk tahun 1970-an ke atas sudah menggunakan CDI. Sedangkan yang harus dipastikan adalah penggunaan merek T.I.I.C, yang merupakan produk original.

Sementara untuk yang masih menggunakan pengapian platina, bisa diperiksa pada bagian kipas yang bolong. Platina yang masih bagus bentuknya mulus dan tak ada luka ketokan obeng. Hal itu jadi pertanda bahwa platina tersebut sering geser.

Kopling juga perlu diperiksa untuk memastikan tidak ada oli yang rembes. Untuk mengeceknya, sebaiknya dilakukan dengan mengendarai Vespa.

Pastikan tidak saat mengoper gigi tidak loncat, misal dari gigi 2 langsung pindah ke gigi 4. Demikian tips membeli Vespa klasik bagi pemula. Semoga menginspirasi.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut