get app
inews
Aa Read Next : Pelaku Pembacokan Suami Mantan Pacar Ditangkap, Ini Motifnya

Kisah Shafiyah binti Huyay, Istri Nabi Muhammad SAW Keturunan Yahudi

Minggu, 29 Januari 2023 | 12:02 WIB
header img
Kisah istri Nabi Muhammad SAW keturunan Yahudi (foto: ilustrasi/ist)

4. Dikenal sebagai Orang Bertakwa dan Jujur

Menurut Al-Hafizh Abu Nu'aim, Shafiyyah dikenal sebagai orang yang bertakwa, bersih, dan matanya selalu basah karena menangis.

Ibnu Katsir juga turut menuturkan bahwa Shafiyyah adalah seseorang yang sangat menonjol dalam ibadah, kezuhudan, kebaikan, dan sedekah. Shafiyah binti Huyay juga merupakan istri dari Rasulullah yang sangat tulus dan penuh kejujuran.

Selepas kepergian Rasulullah, ia semakin menunjukkan ketakwaan kepada Allah hingga ajal menjemputnya pada tahun 50 Hijriah atau sekitar 40 tahun setelah Rasulullah wafat.

5. Pernah Membenci Rasulullah SAW

Dalam suatu riwayat, Shafiyyah pernah mengatakan: "Aku sampai pada Rasulullah shollallahu 'alaihi wasallam awalnya yang aku paling benci adalah beliau (karena ia telah membunuh Huyay ibnu Akhtab, ayah Shafiyyah dan Kinanah, suami kedua Shafiyyah)." Rasulullah mengatakan: "Sesungguhnya kaummu pernah melakukan demikian dan demikian." Shafiyyah lantas menyatakan,

فَمَا قُمْتُ مِنْ مَقْعَدِي وَمِنَ النَّاسِ أَحَدٌ أَحَبُّ إِلَيَّ مِنْ رَسُوْلِ اللهِ

"Tidaklah aku berdiri dari tempat dudukku hingga aku menyatakan bahwa saat ini yang paling aku cintai adalah Rasulullah shollallahu 'alaihi wasallam." (HR Ishaq bin Rahawaih dan Abu Ya’la. Disebutkan oleh Al-Hafizh Ibnu Hajar dalam Al-Mathalib Al-'Aliyah. Al-Haitsami dalam Majma' Az-Zawaid bahwa perawinya shahih).
 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews dengan judul: 5 Fakta Shafiyah binti Huyay, Istri Rasulullah SAW dari Keturunan Yahudi
 

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut