get app
inews
Aa Read Next : Bukan Pengalihan Isu, PCNU Ponorogo Dukung Pernyataan Kapolri

Satu Abad NU, 4000 Warga Nahdliyin Ponorogo Datangi Sidoarjo

Senin, 06 Februari 2023 | 13:42 WIB
header img
Ribuan warga Nahdliyin datangi Sidoarjo rayakan satu abad NU (foto: istimewa)

PONOROGO, iNewsPonorogo.id - Didalam rangka peringatan satu abad Nahdlatul Ulama, sedikitnya 3.800 warga Nahdliyin Ponorogo bakal berangkat ke Sidoarjo.

“Harlah puncak 1 abad tepat pada tanggal 7 Februari nanti. Sehingga menambah antusias jamaah untuk ikut merayakan,” kata Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Ponorogo, Kiai Fatchul Aziz.

Lanjutnya, Aziz menambahkan, bahwa pendaftaran peserta yang akan ikut datang ke Sidoarjo, sebenarnya masih banyak, namun akhirnya kita sepakati ada 2.500 orang yang berangkat dari PCNU Ponorogo. Ditambah ada 1.300 dari Kementerian Agama (Kemenag) Ponorogo.

“Intinya hampir 4000 antara warga Nahdliyin gabungan antara PCNU dan Kemanag yang berangkat ke Sidoarjo,” imbuhnya.

Nantinya, masih menurut Aziz, ribuan warga Nahdliyin itu akan beranjak dengan menggunakan bus serta mini bus (elf). Ada 65 bus dan 30 mini bus yang berangkat dari Ponorogo.

“Kemarin kami sepakat kumpul di alun-alun, pada 6 Februari 2023 mulai pukul 22.00 malam. Kemudian berangkat bersama-sama tanggal 7 Februari  2023 pada pukul 00.01 wib,”  terangnya.

Menurutnya, acara Harlah 1 abad NU di Sidoarjo merupakan skala nasional. Sehingga yang paling banyak datang selain dari Kabupaten Sidoarjo adalah kabupaten atau kota penyangga, seperti Pasuruan, Surabaya dan Jombang.

Aziz memberi bocoran bagi warga Nahdliyin Ponorogo acaranya ada 5 sesi. Sesi 1 adalah acara Spiritual mulai qiraah, shalawat yang akan diadakan mulai pukul 00.00 wib sampai 07.00 wib.

Kemudian pukul 07.00 wib sampai 11.00 wib akan ada resepsi. Tentu dihadiri oleh Presiden, menteri serta undangan ulama internasional yang mencapai 300 ulama.

Selanjutnya pukul 11.00 wib event ketiga ada karnaval budaya peradaban. Lalu sesi empat bazar serta pameran produk warga Nahdliyin Nanti, malam sekitar pukul 19.00 wib atau bada isya ada sesi kelima atau hiburan.

Untuk acara di Ponorogo, Aziz mengaku masih fokus dalam acara harlah 1 abad. Akan tetapi, mulai 1 Februari hingga 28 Februari warga Nahdliyin dihimbau untuk mengibarkan bendera NU

“Pulang dari Sidoarjo kami akan mulai menggadakan acara-acara untuk Harlah Seabad NU. Kami bentuk panitia dan lain-lain. Saat ini kami fokus acara ke Sidoarjo dulu,” pungkasnya.

Editor : Dinar Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut