get app
inews
Aa Read Next : Menguak Tradisi Kawin Tangkap yang Viral di Media Sosial

Mencicipi Popcorn Ala Masyarakat Lokal NTT, Dibuat Secara Tradisional

Minggu, 19 Februari 2023 | 20:46 WIB
header img
Popcorn ala masyarakat lokal NTT (foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Sebagian besar orang pasti tahu jajanan dari jagung atau populer disebut popcorn. Meski dikenal jajanan dari negara-negara barat, namun ternyata ada beberapa daerah di Indonesia yang telah sejak lama bikin popcorn.

Tahukah kamu jika di Indonesia juga ada popcorn yang diolah dengan kearifan lokal. Dimana popcorn dengan kearifan lokal ini disebut dengan Jagung Titi. Hanya saja bentuk atau tampilannya lebih menyerupai emping melinjo.

jagung titi

Kuliner khas yang berasal dari Nusa Tenggara Timur, terutama oleh masyarakat Flores di bagian timur seperti Solor, Adonara, Alor, dan Lembata.

Kata Titi pada camilan satu ini memiliki arti dipipihkan atau ditumbuk. Hal tersebut merujuk pada cara proses pembuatan itu sendiri

Kemudian jenis jagungnya pun yang digunakan tak sembarangan. Untuk membuat jagung titi, membutuhkan jagung pulut putih, atau varian jagung lokal yang ada di NTT.

Hasil jadi dari jagung titi ini sangatlah mirip dengan popcorn. Namun, prosesnya cukup memakan waktu dan terbilang lama. Serta caranya yang masih sangat tradisional.

1. Pipil

Tahap pemisahan biji jagung dari tongkolnya atau dalam istilah lokal disebut dipipil.

2. Sangrai

Setelah dipipil, jagung disangrai setengah matang, yang ditandai dengan suara letupan biji jagung.

3. Titi

Dilanjut dengan proses titian atau pemipihan yang dilakukan dengan cara ditumbuk, penumbukan dalam tahap ini akan menentukan tingkat kesuksesan pembuatan Jagung Titi.

Penumbukan menggunakan batuan tertentu, sehingga mampu membuat jagung pipih secara sempurna.

Kesuksesan lainnya adalah dari rasanya yang gurih, dan menjadi tolak ukur. Oleh karena itu perlu keahlian dalam memipihkan pipilan jagung.

Masyarakat percaya untuk menghasilkan jagung titi yang enak, tak cuma modal tenaga tetapi juga kerelaan atau keikhlasan untuk memipilnya.

4. Goreng atau panggang

Terakhir adalah menggoreng atau memanggang, usai proses penumbukan selesai. Kemudian, jagung Titi akan menjadi makanan setengah jadi, lalu penduduk biasanya menggoreng atau memanggang dalam oven. Sebelumnya dilumuri oleh mentega atau margarin terlebih dahulu agar lebih gurih.

Editor : Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut