get app
inews
Aa Read Next : Paguyuban Bumi Reog Ponorogo Muncul di Korea Selatan Sejak 2012 Bikin Bangga Indonesia

Perbedaan Korea Utara dan Selatan, soal Kencan hingga Batasan Gaya Rambut

Minggu, 26 Maret 2023 | 10:27 WIB
header img
Warga Korea Selatan lebih modis foto: istimewa

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Korea Utara dan Korea Selatan kerap kali jadi pusat perhatian masyarakat dunia. Namun tidak banyak yang tahu bahwa kedua negara punya perbedaan yang sangat menonjol dan terbilang unik.

Hubungan kedua negara berjalan baik tetapi juga bisa dikatakan tidak harmonis. Kedua negara juga terdapat perbedaan yang sangat terlihat jelas baik dalam aspek sosial, ekonomi, maupun gaya hidup.

Simak perbedaan unik Korea Utara dan Korea Selatan berikut ini.

1. Ideologi

Perbedaan paling mendasar antara Korea Utara dan Korea Selatan tampak dari ideologi yang dianut. Korea Selatan menganut paham demokratis dan liberal.

Korea Utara, dulu di bawah penguasaan Uni Soviet, dipengaruhi paham komunis. Secara resmi, Korea Utara memiliki ideologi yang disebut Juche. Ideologi Juche menekankan pada prinsip yakin dan berusaha dengan kekuatan bangsa sendiri.

2. Mata Uang

Kedua negara ini sama-sama menggunakan mata uang won. Namun, meskipun sama-sama menggunakan won, kode ISO mata uang kedua negara ini berbeda. Kode ISO untuk won Korea Selatan adalah KRW, sedangkan Korea Utara memiliki kode KPW.

3. Seni lukis

Para pelukis di Korea Utara sangat berbeda dengan pelukis di Korea Selatan. Pelukis Korea Selatan memiliki kebebasan dalam menciptakan karyanya lantara pemerintah tidak memberikan aturan apa pun.

Tetapi berbanding terbalik dengan Korea Utara. Pelukis di negara ini sangat dibatasi dalam membuat karya. Mereka tidak diperbolehkan melukis sesuatu, kecuali berhubungan dengan sang pemimpin negara, Kim Jong Un. Objek lukisan mereka hanya seputar Kim Jong Un dan keluarganya.

4. Suasana Akhir Pekan

 

Akhir pekan menjadi kesempatan untuk menghabiskan waktu dengan keluarga. Hal ini berlaku juga di masyarakat Korea Utara dan Korea Selatan. Tetapi terdapat satu perbedaan yang terlihat jelas. Di Korea Selatan, parkiran penuh karena dipadati oleh mobil milik pengunjung.

Sedangkan di Korea Utara sebaliknya. Parkiran tampak sepi, hanya terdapat beberapa mobil. Penyebabnya adalah karena tidak semua masyarakat Korea Utara mampu untuk membeli kendaraan sendiri.

5. Jalanan Kota

Korea Utara memiliki jalanan besar di kota-kotanya, sama halnya dengan Korea Selatan. Tetapi yang terlihat unik dan berbeda adalah jalanan kota di Korea Selatan menggunakan rambu lalu lintas untuk mengatur lalu lintas. Sedangkan di Korea Utara, mereka tidak menggunakan rambu lalu lintas, melainkan ada polisi untuk mengendalikan lalu lintas.

6. Permukiman Warga

Pemerintah Korea Utara menjamin tempat tinggal bagi masyarakat, dengan tidak memungut biaya sepeserpun dari tempat tinggal warganya. Tetapi hal ini hanya berlaku untuk warganya yang sudah terdaftar dan berstatus sudah menikah.

Meuthia Hamidah-Litbang MPI

Sementara di Korea Selatan, warga harus membayar sewa untuk tinggal di apartemen. Terdapat banyak apartemen yang disewakan dengan harga bervariasi. Harga sewa apartemen di Korea Selatan bisa mencapai 2 miliar per unitnya.

7. Aturan Berkencan

Masyarakat Korea Utara tidak memiliki kebebasan dalam mengekspresikan dirinya. Dalam hal berkencan, misalnya, di Korea Selatan tidak ada larangan khusus yang mengaturnya.

Sedangkan hal ini tidak berlaku di Korea Utara. Mereka menciptakan larangan tegas untuk yang memiliki hubungan pacaran. Warga Korea Utara dilarang berkencan di sekolah maupun kampus hingga tempat terbuka.

8. Gaya Busana

Ini merupakan hal yang paling menonjol perbedaannya, antara Korea Selatan dan Utara. Dimana Korea Selatan sudah dapat dikatakan sebagai negara modern, masyarakatnya mengikuti perkembangan zaman. Hal ini berpengaruh pula dalam gaya busana warga Korea Selatan yang terlihat sangat modern dan modis.

Berbeda Pemerintah Korea Utara menutup segala akses untuk masyarakatnya dalam melihat modernisasi yang ada di negara lain. Korea Utara melarang penggunaan celana jeans dan hanya diperbolehkan menggunakan 18 gaya rambut.

9. Paspor

Korea Selatan termasuk dalam salah satu negara yang memiliki paspor terkuat di dunia. Bahkan berdasarkan pemeringkatan kekuatan paspor oleh Henley, paspor Korea Selatan berada di peringkat kedua.

Sementara Korea Utara menjadi salah satu negara dengan kekuatan paspor terlemah di dunia. Menurut Indeks Paspor Henley, Korea Utara berada di peringkat 102. Pemerintah juga melarang warganya untuk bepergian, bahkan untuk melintasi kota saja harus mendapatkan izin dari pemerintah.

10. Akses TV dan Internet

Warga Korea Utara tidak memiliki kebebasan terus-menerus untuk mengakses siaran televisi dan internet. Cuma ada empat stasiun televisi yang disediakan pemerintah, diantaranya menyediakan berita, propaganda, dan ideologi ke warga masyarakatnya.

Meskipun pengguna ponsel dan ketersediaan WiFi di Korea Utara semakin meningkat, namun tidak banyak terhubung dengan jaringan internasional. Berbeda dengan Korea Selatan, bahkan termasuk negara yang memiliki koneksi internet paling cepat.

Editor : Dinar Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut