get app
inews
Aa Read Next : Diduga Dianiaya Senior, Mahasiswa STIP Meninggal Dunia

Cerita Mahasiswa Asal Sudan Belajar Islam dan Bahasa di Gontor

Jum'at, 07 April 2023 | 21:33 WIB
header img
Mahasiswa asal Sudan yang berkuliah di Gontor foto: istimewa

PONOROGO, iNewsPonorogo.id - Universitas Darusssalam Gontor (UNIDA), adalah lembaga pendidikan tinggi di bawah naungan Pondok Modern Darussalam Gontor, yang ada di Kecamatan Siman, Ponorogo menjadi salah satu pilihan para pelajar dari berbagai daerah di Indonesia hingga luar negeri. 

Salah satu pelajar dari luar negeri yang mengeyam pendidikan di UNIDA, adalah Mubarak, mahasiswa Program Studi Bahasa Arab yang berasal dari Sudan. Dirinya mengaku cukup terkesan bisa kuliah di Gontor karena ingin belajar bahasa Arab. Dimana ia ingin menetap di Indonesia dan mengajar bahasa Arab dengan metode yang telah diterimanya.

“Saya berasal dari Sudan. Sudah menetap di sini (UNIDA) 8 bulan. Saya memilih kuliah di UNIDA karena ingin belajar bahasa Arab khususnya metode Gontor. Setelah selesai saya ingin menjadi Guru Bahasa Arab dan Guru Tahfidz Al-Qur’an di Indonesia,” jelasnya.

Sementara itu, Bambang Setyo Utomo salah satu dosen Universitas Darussalam  Gontor mengatakan bahwa mahasiswa yang kuliah di UNIDA selain diajari mata kuliah keprodian mereka juga diajari tentang islamisasi dan bahasa Arab dan Inggris.

“Kalau mata kuliah yang diajarkan di UNIDA dengan kampus lain kira-kira hampir sama dan mirip. Tapi kita ada mata kuliah islamisasi ilmu pengetahuan dan bahasa Arab dan Inggris” jelasnya.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut