get app
inews
Aa Read Next : Libur Tahun Baru, Berikut Deretan Pantai Terkeren di Pacitan

Intip Pesona Pantai Sembukan Wonogiri hingga Cerita Gerbang Gaib Nyi Roro Kidul

Sabtu, 01 Juli 2023 | 14:48 WIB
header img
Pantai Sembukan wisata dengan panorama indah hingga cerita Nyi Roro Kidul foto: istimewa

WONOGIRI, iNewsPonorogo.id - Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah ternyata menyimpan pesona alam yang menjadi destinasi wisata, yaitu pantai Sembukan yang berada di Desa Paranggupito, Kecamatan Paranggupito. Pantai berpasir putih dengan bukit hijau serta bebatuan karang adalah panorama yang memanjakan mata.

Di balik keindahan yang mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatan, Pantai Sembukan juga menyimpan kisah Nyi Roro Kidul sosok gaib penguasa Laut Selatan Jawa.

Mengutip dari channel Youtube Sobat Asik, Pantai Sembukan konon dipercaya sebagai pintu gerbang ke 13. Tempat bertemunya Nyi Roro Kidul dengan Pakubuwono, Raja Surakarta.

 IlustrasiIlustrasi Nyi Roro Kidul

Pada malam 1 Suro, abdi dalem Keraton Surakarta memberikan persembahan sesaji untuk ratu pantai selatan, Nyi Roro Kidul.

Ritual Kasunanan Surakarta tersebut dikenal dengan Larung Ageng. Dimana ritual ini bertujuan memberikan keselamatan bagi masyarakat dan menjauhkan dari gangguan roh halus serta penolak bala. Akan tetapi hanya orang-orang tertentu saja yang dapat mengikuti upacara Larung Ageng.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut