get app
inews
Aa Read Next : Harga Uang Kuno Kertas Rp500 Tahun 1992 Tembus Rp50 Juta

Kemarau Panjang, Petani Tembakau di Ponorogo Kaya Raya

Jum'at, 04 Agustus 2023 | 13:12 WIB
header img
Petani tembakau di Desa Tatung, Ponorogo senang harga tahun ini tinggi foto: iNewsPonorogo.id/Putra

PONOROGO, iNewsPonorogo.id - Musim kemarau tahun ini telah membawa berkah bagi para petani tembakau di Desa Tatung, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo. Dengan curah hujan yang rendah, kualitas pertumbuhan tanaman tembakau meningkat secara signifikan.

“Hasil panen yang lebih baik dibandingkan tahun lalu. Ini membawa dampak positif bagi petani,” kata Kepala Desa Tatung, Rudi Sugiarto.

Lanjutnya, Rudi mengungkapkan bahwa ada 75 hektar lahan pertanian di Desa Tatung yang dikhususkan untuk tanaman tembakau. 

“Jika bagus, dari total luas lahan yersebut memiliki potensi hasil panen mencapai 200 ton,” terangnya.

Tidak hanya itu, masih menurut Rudi, untuk harga tembakau tahun ini juga mengalami kenaikan yang cukup menggembirakan. Harga daun tembakau bagian bawah berkisar antara Rp 30 ribu hingga Rp 35 ribu per kilogram, sedangkan untuk bagian atas, harganya mencapai Rp 40 ribu hingga per kilogramnya.

“Harga saat ini yang lebih tinggi memberikan manfaat yang signifikan bagi para petani, karena perbedaan yang mencolok dari tahun sebelumnya,” jelasnya.

Kemudian untuk pasar tidak menjadi kendala bagi petani di Desa Tatung. Kerja sama yang sudah terjalin antara para petani dan perusahaan rokok menjadikan distribusi hasil panen lebih lancar.

“Di Ponorogo, ada gudang perwakilan dari pabrik, sehingga petani dapat dengan mudah menjual hasil panen mereka kepada perusahaan rokok,” ungkapnya.

Sarengat, salah seorang petani tembakau berusia 54 tahun, juga berbagi pengalamannya. Dia mengungkapkan bahwa kualitas tembakau tahun ini jauh lebih baik dibandingkan tahun lalu.

“Tahun sebelumnya, curah hujan yang tinggi menyebabkan banyak tanaman tembakau mengalami kegagalan panen,” pungkasnya. 

Dengan demikian, musim kemarau tahun ini memberikan harapan baru bagi para petani tembakau di Desa Tatung.

Peningkatan kualitas hasil panen dan harga yang lebih menguntungkan menjadi kabar gembira yang tidak hanya meningkatkan ekonomi petani, tetapi juga memperkuat potensi pertumbuhan sektor pertanian di wilayah ini.

Editor : Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut