get app
inews
Aa Read Next : Peristiwa Naas Hari Ini, Balita 2 Tahun Tewas Tersengat Puluhan Tawon

Heboh Balita Bisa Lihai Bermain Game Online, Bikin Psikolog Heran

Selasa, 08 Agustus 2023 | 22:58 WIB
header img
Balita bisa bermain game online foto: istimewa

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Media sosial kembali dihebohkan dengan unggahan yang menunjukkan seorang balita tengah bermain game online. Postingan ini, dibagikan oleh akun Instagram @keboglogan.unfaedah, memperlihatkan seorang anak usia balita tengah asyik bermain game online dengan jari-jemari yang lihai dan gaya bermain, layaknya  orang dewasa. Kejadian ini mengundang perhatian dari berbagai pihak, termasuk psikolog anak, Karina Isty.

Karina mengungkapkan jika dirinya kaget saat melihat video tersebut. Ia tidak hanya merasa kagum akan keterampilan anak dalam bermain game, tetapi juga memiliki pertanyaan mengenai bagaimana hal ini mungkin terjadi.

"Kaget juga, dan bertanya-tanya juga, itu videonya sudah di edit. Anaknya cuma meniru gerakan jari, atau sudah paham aturan dan cara bermain juga? Sedikit penasaran karena masih sangat kecil," kata Karina.

Namun demikian, Karina juga mengakui bahwa penggunaan gadget dalam pembelajaran memiliki manfaat positif. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan gadget pada anak-anak perlu diawasi dengan baik oleh orang tua.

"Sebaiknya di bawah 2 tahun itu jangan dulu dikasih liat gadget, 2-4 tahun itu cuma sejam. Karena tahapan perkembangan di bawah 2 tahun itu sangat sarat dengan perkembangan sensorik dan motorik," jelasnya.

Penggunaan gadget yang berlebihan dapat mengganggu perkembangan. Anak-anak yang terlalu banyak bermain gadget dan game online bisa mengalami dampak negatif, seperti kecanduan yang sulit diatasi.

"Nggak konsen kalau belajar. Lalu, kalau berhenti main, moodnya langsung berubah jadi jelek. Tapi, untuk bisa dikatakan sebagai kecanduan game, nanti ada pemeriksaan psikologis," terangnya.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut