get app
inews
Aa Read Next : Bentuk Rasa Syukur, Masyarakat Adat Kelurahan Kepatihan Ponorogo Purak 3 Buceng Raksasa

Dipertanyakan UNESCO, Ini Cara Perajin Reog Ponorogo Dapatkan Bulu Merak

Senin, 28 Agustus 2023 | 20:56 WIB
header img
Penangkaran burung Merak di Ponorogo foto: iNewsPonorogo.id/Putra

PONOROGO, iNewsPonorogo.id - Dalam kesenian Reog Ponorogo, terdapat salah satu tokoh sentral yaitu yang biasa disebut Singo Barong, dengan khas nya terdapat dadak merak diatas kepala barong atau kepala harimau. Tidak banyak yang tahu, di balik dadak merak raksasa tersebut, biasanya pengrajin menggunakan sekitar 900-1.500 bulu merak dari Merak Hijau Jawa (Pavo muticus) jantan.

Penting untuk diingat bahwa bahan pembuatan kerajinan Reog Ponorogo adalah bulu merak. Namun, jangan membayangkan bahwa bulu merak pada Barongan Reog diperoleh dengan mencabut bulu-bulu pada ekor merak seperti mencabut bulu ayam. Namun ternyata para perajin Reog cuma memungut bulu yang rontok.


 
Menurut informasi dari Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, bulu hias pada merak jantan memiliki 2 motif utama. Motif Plolong berupa lingkaran-lingkaran hijau biru yang membentuk mata dengan panjang antara 60-130 cm. Sementara motif Cawang, sebagai bulu penutup ekor, dapat mencapai panjang 120-170 cm.

Editor : Dinar Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut