get app
inews
Aa Read Next : Tradisi Warga Ponorogo, Lewati Hutan untuk Bersihkan Makam Leluhur Jelang Ramadhan

Mengungkap Misteri Dua Makam Kuno di Gunung Kawi

Rabu, 25 Oktober 2023 | 17:25 WIB
header img
Misteri makam kuno yang ada di Gunung Kawi foto: istimewa

MALANG, iNewsPonorogo.id - Gunung Kawi di Kabupaten Malang, sangat populer di masyarakat luas, bahkan lokasi ini juga kerap disebut sebagai tempat mencari pesugihan. Selain berbagai macam bangunan di lokasi juga ada dua makam kuno yang disebut memiliki kaitan era Kerajaan Mataram kuno

Dua makam ini diberi nama Toenggol Manik Djaja Ningrat dan Toenggol Wati, dan terletak di kompleks Keraton Gunung Kawi, Desa Balesari, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang. Namun, sejarawan lokal, Suwardono, menjelaskan terkait makam tersebut, yang banyak narasi sejarah berkembang di sana.

Menurut Suwardono, jika dilihat dari bentuk makam dan arah hadapnya yang menghadap utara-selatan, makam-makam ini adalah makam Islam. Selain itu, konstruksi makam ini sejalan dengan bangunan makam era Islam, sekitar abad ke-18 ke atas. 

Keterangan ini menimbulkan keraguan bahwa makam-makam tersebut memiliki kaitan dengan Mpu Sindok atau Kerajaan Mataram kuno yang berkembang di masyarakat sekitar.

“Kebetulan saja, atau dipas-paskan. Jadi sebetulnya nggak ada hubungannya, tapi sama masyarakat itu informasinya dari mulut ke mulut, cerita-cerita, faktanya enggak menunjukkan itu, antara zaman Islam sama-sama Kediri saja beda jauh, zaman Kediri saja dengan zaman Mpu Sindok juga beda jauh," katanya.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut