get app
inews
Aa Read Next : Mekotek! Tradisi Unik Masyarakat Adat Bali, Uji Nyali Bagi Kaum Laki-Laki

Kisah Kota Gaib Saranjana, Diangkat Jadi Film hingga Potret Misterius Dokter Devi

Sabtu, 28 Oktober 2023 | 16:36 WIB
header img
Keberadaan kota gaib Saranjana kembali mencuat foto: istimewa

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Kota Gaib Saranjana masih menjadi misteri hingga saat ini, bahkan saking populernya cerita kota gaib tersebut, sampai diangkat menjadi film luar lebar.

Kota Gaib Saranjana semakin viral, usai beredarnya foto milik dokter Devi yang memperlihatkan gemerlap kota gaib didalam fotonya, yang diambilnya. 

Ternyata, bukan hanya dokter Devi yang pernah merasakan kejadian aneh di sana, tetapi ada juga kisah-kisah mistis dari warga yang mengaku telah mengalami pengalaman supranatural di lokasi ini.

Kota Gaib Saranjana menjadi sebuah lokasi misterius yang seakan tidak ada dalam peta Indonesia maupun Google Maps. Meskipun demikian, keberadaannya diyakini oleh banyak orang, terletak di selatan Pulau Laut, tepatnya di Desa Oka-Oka, Kecamatan Pulau Laut Kota Baru, Kalimantan Selatan.

Berdasarkan informasi kota ini sejatinya merupakan bagian dari Pulau Laut yang sangat terpencil dan terletak di dekat laut sekitaran Kalimantan Selatan. Warga meyakini bahwa wilayah ini, yang berupa perbukitan tak berpenghuni, dan menjadi tempat tinggal bangsa jin.

Kota Gaib Saranjana diyakini sebagai sebuah kota moderen dengan peradaban yang jauh canggih daripada peradaban manusia. Nelayan yang beroperasi di sekitar Pulau Laut mengklaim bahwa mereka sering melihat aktivitas mercusuar dari seberang pulau, yang konon berasal dari kota tersebut.

Warga sekitar juga pernah melaporkan pengamatan mereka tentang adanya gedung pencakar langit di sekitaran Pulau Laut. Bahkan, Kepala Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan, Ida Subtika Dewi, juga mengakui adanya hilangnya beberapa warga secara misterius ketika melakukan perjalanan ke sana. 

Lanjutnya, Ida juga menjelaskan bahwa penduduk sekitar Kalimantan Selatan, khususnya Kota Baru, telah memiliki keyakinan dan larangan tertentu saat berkunjung ke Kota Gaib Saranjana.

Walau demikian, banyak orang tetap penasaran dan nekat untuk pergi ke tempat tersebut, meskipun akhirnya mereka tidak pernah kembali. 

Kota gaib ini memang tampaknya tidak bisa diakses oleh sembarang orang. Namun sudah menjadi perbincangan banyak orang, bahwa ada seseorang yang bisa ke kota gaib tersebut, yaitu bernama Pua Leba, yang merupakan penduduk Desa Tanjung Lalak Utara yang berjarak sekitar setengah jam dari kota tersebut.

Editor : Dinar Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut