get app
inews
Aa Read Next : Legenda Kemunculan Ular Baruklinting Telaga Ngebel Ponorogo, Ada 4 Tanda di 2016

Gunung Tidar, Berada di Tengah Kota hingga Dianggap Paku Bumi Tanah Jawa

Jum'at, 15 Desember 2023 | 21:41 WIB
header img
Gunung Tidar menyimpan legenda dan dianggap paku pulau jawa foto: istimewa

MAGELANG, iNewsPonorogo.id - Kota Magelang, yang terletak di Jawa Tengah, memiliki pesona alam yang unik, salah satunya adalah Gunung Tidar yang menjulang di tengah kota. Gunung ini tidak hanya dikenal sebagai puncak yang menakjubkan, tetapi juga sebuah kisah legenda.

Legenda Gunung Tidar telah dipercaya secara turun temurun, dan mengisahkan asal-usul gunung tentang perjalanan seseorang tokoh sakti dalam menyucikan pulau Jawa dari kehadiran bangsa jin.

Gunung Tidar menjadi populer dengan kisah legenda yang menyatakan bahwa wilayah tersebut bukan sekadar puncak gunung biasa, melainkan merupakan paku bumi dan pusat dari tanah Jawa.

Puncak Gunung Tidar terdapat sebuah tugu dengan simbol huruf "sa" dalam aksara Jawa pada ketiga sisinya. Huruf "sa" tersebut mengandung makna mendalam, yakni "Sopo, Salah, Seleh," yang berarti siapapun yang melakukan kesalahan pasti akan mengalami kegagalan.

Tugu tersebut juga diyakini sebagai paku bumi tanah Jawa dan menjadi pusat dari tanah tersebut. Keberadaannya memberikan nuansa mistis dan legenda Gunung Tidar.

Selain itu, Gunung Tidar juga memiliki makna dalam penamaannya. Kata "Tidar" konon berasal dari penggabungan dua kata, yaitu "mati" dan "modar." Nama ini mencerminkan keangkeran dan dianggap menakutkan oleh sebagian masyarakat.

Kepercayaan masyarakat lokal juga menyiratkan bahwa orang yang mengunjungi Gunung Tidar dengan niat yang kurang baik mungkin tidak akan selamat sampai kembali pulang. 

Misteri dan legenda Gunung Tidar menjadi daya tarik tersendiri bagi para penjelajah dan pencinta petualangan yang ingin menyelami kekayaan budaya dan alam Kota Magelang.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut