get app
inews
Aa Read Next : Penampakan Pria Pakai Jaket Ojek Online di Paris Viral, Bikin Netizen Kaget

Pavel Durov Pendiri dan CEO Telegram Ditangkap di Bandara Bourget Prancis

Minggu, 25 Agustus 2024 | 17:09 WIB
header img
Pavel Durov, miliarder Rusia-Prancis yang merupakan pendiri dan CEO aplikasi perpesanan Telegram, ditangkap di bandara Bourget, dekat Paris, Prancis. tangkapan layar

Telegram, yang memungkinkan pengguna menghindari pengawasan resmi, juga merupakan salah satu dari sedikit tempat di mana warga Rusia dapat mengakses berita independen tentang perang setelah Kremlin memperketat pembatasan pada media independen setelah invasi ke Ukraina.

Kementerian Luar Negeri Rusia menyatakan bahwa kedutaan besar Rusia di Paris sedang mengklarifikasi situasi sekitar Durov dan meminta organisasi non-pemerintah Barat untuk menuntut pembebasannya.

Rusia mulai memblokir Telegram pada 2018 setelah aplikasi tersebut menolak untuk mematuhi perintah pengadilan yang memaksa akses ke pesan terenkripsi oleh layanan keamanan negara.

Langkah tersebut mengganggu banyak layanan pihak ketiga, tetapi tidak banyak mempengaruhi ketersediaan Telegram di Rusia. Namun, perintah larangan tersebut memicu protes besar di Moskow dan kritik dari LSM.

TF1 melaporkan bahwa Durov, yang saat ini tinggal di Dubai, tiba dari Azerbaijan dan ditangkap sekitar pukul 8 malam waktu setempat.

Dengan kekayaan diperkirakan sebesar USD 15,5 miliar menurut Forbes, Durov mengklaim bahwa beberapa pemerintah telah mencoba menekannya, tetapi aplikasi tersebut harus tetap menjadi "platform netral" dan bukan "pemain dalam geopolitik."

Namun, meningkatnya popularitas Telegram telah menarik perhatian dari beberapa negara Eropa, termasuk Prancis, terkait masalah keamanan dan pelanggaran data.

Perwakilan Rusia di organisasi internasional di Wina, Mikhail Ulyanov, serta beberapa politisi Rusia lainnya cepat menuduh Prancis bertindak sebagai kediktatoran pada hari Minggu—kritik yang sama yang dihadapi Moskow ketika mengajukan tuntutan kepada Durov pada 2014 dan mencoba melarang Telegram pada 2018.

"Beberapa orang yang naif masih tidak mengerti bahwa jika mereka memainkan peran yang lebih atau kurang terlihat dalam ruang informasi internasional, tidak aman bagi mereka untuk mengunjungi negara-negara yang bergerak menuju masyarakat yang jauh lebih totaliter," tulis Ulyanov di X.

Elon Musk, miliarder pemilik X (sebelumnya Twitter), berkomentar setelah laporan penangkapan Durov: "Sekarang tahun 2030 di Eropa dan Anda dieksekusi karena menyukai meme."

Robert F. Kennedy Jr., yang pada Jumat, 23 Agustus 2024, meninggalkan kampanye presiden AS-nya dan mendukung Donald Trump dari Partai Republik, menyatakan di X setelah laporan tersebut bahwa perlunya melindungi kebebasan berbicara "tidak pernah lebih mendesak." Beberapa blogger Rusia juga menyerukan protes di kedutaan besar Prancis di seluruh dunia pada siang hari pada Minggu.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut