get app
inews
Aa Read Next : Viral! Wanita Ini Bagikan Lifehack Cara Menghadapi Cuaca Panas saat Naik Motor

Viral Rumah Sakit Medistra Melarang Pakai Hijab, Ini Ancaman Dosanya Melarang Orang Berhijab

Senin, 02 September 2024 | 15:05 WIB
header img
Ilustrasi perempuan berhijab. Seorang perempuan dalam Islam atau seorang muslimah, diwajibkan memakai hijab. Foto: Instagram@shireensungkar

JAKARTA, iNews.id - Ini adalah ancaman dosa terkait pelarangan penggunaan jilbab seperti yang terjadi dalam kasus viral RS Medistra Jakarta Selatan. Seperti diberitakan, Rumah Sakit Medistra Jakarta Selatan diduga melarang jilbab atau hijab bagi para pekerjanya.

Isu pelarangan jilbab ini mencuat setelah viral sebuah surat dari Dr. dr. Diani Kartini SpB subsp.Onk(K) kepada manajemen RS Medistra Jakarta Selatan.

Surat tersebut menanyakan apakah dokter atau perawat harus membuka jilbab atau hijab jika diterima bekerja di RS Medistra. Menurut dr. Diani, jika hal ini benar, maka tindakan tersebut sangat tidak etis dan menyakiti hati umat Islam.

Lalu, bagaimana pandangan Islam tentang pelarangan penggunaan jilbab?

Melarang jilbab atau hijab adalah salah satu bentuk kemaksiatan yang mengakibatkan dosa besar. Oleh karena itu, jika ada aturan yang memerintahkan pelanggaran terhadap ajaran agama, aturan tersebut tidak boleh dipatuhi.

Dihimpun dari laman Konsultasi Syariah, Ustadz Ammi Nur Baits ST BA menjelaskan, Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam memberikan kaidah, tidak boleh menaati makhluk dalam bermaksiat kepada Khaliq (Sang Pencipta).

Dari Ali bin Abi Thalib radhiyallahu 'anhu, Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

لاَ طَاعَةَ لِمَخْلُوقٍ فِى مَعْصِيَةِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ

"Tidak boleh ada ketaatan kepada makhluk untuk melakukan maksiat kepada Allah Azza wa Jalla." (Hadits riwayat Ahmad nomor 1107 dan sanadnya dishahihkan Syekh Syuaib Al Arnauth) 

Berdasarkan keterangan itu, seorang Muslimah boleh tidak taat terhadap aturan yang melarangnya berjilbab. Sebab, berhijab bagi wanita Muslim ketika keluar rumah hukumnya wajib.

Allah Subhanahu wa Ta'ala memerintahkan para Muslimah untuk berhijab:

وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَى جُيُوبِهِنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا لِبُعُولَتِهِنَّ أَوْ آَبَائِهِنَّ

"Katakanlah kepada wanita yang beriman: 'Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) tampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau …" (Quran Surat An-Nur Ayat 31) 

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut