get app
inews
Aa Read Next : Viral Kemunculan Suku Pedalaman Halmahera Usir Buldozer

5 Suku Pedalaman Indonesia yang Tolak Modernisasi, Ada Apa Saja?

Kamis, 24 Maret 2022 | 16:07 WIB
header img
Ilustrasi Suku Baduy

JAKARTA, inews.id, - Indonesia terdiri atas berbagai suku. Uniknya, ada suku pedalaman Indonesia yang tolak modernisasi. Apa saja itu? Simak di sini informasinya.

Suku pedalaman  Indonesia yang tolak modernisasi ada lima jumlahnya. Mereka memiliki alasan tersendiri untuk tetap dapat bertahan pada tradisi asli nenek moyang. Berikut ini tiga suku pedalaman tersebut:
 

  • 1. Suku Punan

Suku pedalaman Indonesia yang tolak modernisasi pertama adalah  Suku Punan. Suku ini termasuk dalam suku rumpun Dayak yang berada di Kalimantan Barat, Kalimantan tengah maupun Kalimantan Timur.

Kehidupan mereka berpindah-pindah tergantung siklus hewan dan juga tumbuhan yang ada di sekitarnya. Sehari-hari, mereka memakan umbi-umbian serta hewan-hewan hasil berburu.
 

Sementara apabila ada yang terserang penyakit, mereka akan menggunakan tanaman herbal sebagai obatnya. Namun jika tidak sembuh-sembuh, maka orang yang sakit tersebut akan diasingkan dari komunitas mereka. Karena dianggap membawa malapetaka.

  • 2. Suku Baduy

Suku Baduy cukup dikenal sebagai komunitas masyarakat yang masih mempertahankan adat leluhur hingga saat ini. Suku Baduy terdiri dari dua, yakni suku Baduy luar dan dalam.
 

Suku Baduy luar, mereka masih diperbolehkan menggunakan teknologi kekinian. Namun jika kamu hendak ke Baduy Dalam, mereka akan meminta kamu untuk tidak membawa alat-alat  terkini seperti kamera dan handphone.

Menariknya lagi, sebagai suku pedalaman Indonesia yang tolak modernisasi, mereka sehari-hari bercocok tanam untuk memenuhi kebutuhan hidup.

  • 3. Suku Samin

Suku Samin atau biasa disebut Wong Rikep ini berada di Blora, Pati dan Bojonegoro. Semakin hari keberadaan mereka makin terancam. Hal itu karena sewaktu Samin Surosinteko yang merupakan pendahulu suku ini menolak keras terhadap materialisme dan kapitalisme Belanda.

  • 4. Suku Anak Dalam Jambi

Suku Anak Dalam yang berada di Jambi termasuk suku pedalaman Indonesia yang tolak modernisasi. Tidak ada yang tahu persis keberadaannya karena mereka memiliki sifat nomaden atau berpindah-pindah.
 

Suku yang dikenal dengan nama Suku Kubu menolak modernisasi dan hingga saat ini  masih memuja roh leluhur mereka.

  • 5. Suku Kajang

Suku Kajang berada di Bulukumba Sulawesi Selatan. Mereka cukup ditakuti karena dikenal memiliki tenaga magis sendiri. Meskipun begitu, saat ini mereka sudah mulai terbuka dengan dunia luar, namun mereka tetap menolak modernisasi.

Belajar dari 5 suku pedalaman Indonesia yang tolak modernisasi, kita lebih tahu bahwa mereka hanya ingin tempat tinggal asri dan lestari, jadi tidak segampang itu menyebut mereka ketinggalan zaman. Sebab, mereka sejatinya hanyalah penerus warisan leluhur.
 

 

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut