get app
inews
Aa Read Next : KPU Resmi Tetapkan DPT Pemilu 2024, Ini Daerah dengan Pemilih Terbanyak

Deretan Suku yang Mendiami Perbatasan Papua dengan Papua Nugini

Minggu, 16 Oktober 2022 | 06:16 WIB
header img
Banyak suku yang ada di perbatasan Papua dengan Papua Nugini (ilustrasi /ist)

JAKARTA, iNews.id - Sejumlah suku yang mendiami perbatasan Papua (RI) dan Papua Nugini (PNG) terbilang cukup beragam. Hal ini juga dipengaruhi panjang wilayah perbatasan RI-PNG dari Utara (Kota Jayapura) hingga Selatan (Merauke) mencapai ± 780 Km.

Dikutip dari laman Pemprov Papua, kelompok suku asli di Papua terdiri atas 255 suku. Setiap suku mempunyai bahasa masing-masing yang berbeda dengan suku lainnya. Di sepanjang wilayah perbatasan Papua dan Papua Nugini, setidaknya ada delapan suku yang tinggal di kawasan tersebut. 

Diketahui, Papua merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Nugini bagian barat atau West New Guinea.

Papua juga sering disebut sebagai Papua Barat karena Papua bisa merujuk kepada seluruh Pulau Nugini termasuk belahan timur negara tetangga, East New Guinea atau Papua Nugini.

Provinsi ini dulu dikenal dengan nama Irian Barat sejak tahun 1969 hingga 1973. Namanya kemudian diganti menjadi Irian Jaya oleh Presiden Soeharto pada saat meresmikan tambang tembaga dan emas Freeport, nama yang tetap digunakan secara resmi hingga tahun 2002.

Nama provinsi ini diganti menjadi Papua sesuai UU No 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Papua.

Asal kata Irian adalah Ikut Republik Indonesia Anti-Netherland. Sementara kata Papua berasal dari bahasa melayu yang berarti rambut keriting, sebuah gambaran yang mengacu pada penampilan fisik suku-suku asli. 

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut