get app
inews
Aa Read Next : Pengusaha Ini Berharta Rp10 Triliun dari Jualan Minuman Boba

Apa Itu Startup pada Dunia Bisnis dan Kategorinya?

Sabtu, 14 Mei 2022 | 21:05 WIB
header img
Ilustrasi startup. (Foto: dok iNews)

Kriteria tersebut antara lain:
- Perusahaan berdiri kurang dari 3 tahun
- Perusahaan tersebut memiliki karyawan yang berjumlah kurang dari 20 orang 
- Pendapatan yang dihasilkan oleh perusahaan masih kurang dari 100.000 dolar per tahunnya
- Perusahaan ini bergerak di bidang teknologi atau inovasi yang memanfaatkan teknologi
- Perusahaan masih dalam tahap pengembangan dan belum stabil - Perusahaan dapat dikatakan sebagai start-up bila operasionalnya menggunakan teknologi. 

Berdasarkan kriteria tersebut, startup pun mengalami pergeseran makna. Jika sebelumnya perusahaan rintisan dapat dikategorikan startup, namun sejak 2010-an makna startup berarti perusahaan rintisan yang menerapkan inovasi teknologi untuk core business-nya dan memberi solusi bagi masyarakat. Itu sebabnya, banyak startup yang bergerak pada bidang e-commerce, pendidikan, kesehatan, pariwisata, 

Selain itu, bisnis startup juga memiliki sifat disruptive di dalam pasar/industri yang sudah ada, atau bahkan menciptakan sebuah industri baru. Misalnya, Gojek yang melahirkan bisnis ojek online yang merupakan pengembangan dari bisnis ojek pangkalan.

Seiring dengan perkembangan teknologi digitalsaat ini, startup pun kemudian dibagi dalam dua kategori. Yakni startup bisnis dan startup digital. 

Startup bisnis adalah perusahan rintisan yang menggunakan teknologi sebagai core bisnis dan memberikan solusi bagi masyarakat. Sedangkan Startup digital merupakan perusahaan rintisan yang menghasilkan produk di bidang teknologi digital. 

Di Indonesia, ada beberapa startup yang berkembang pesat antara lain Gojek, Tokopedia, Bukalapak, Ruang Guru, dan Traveloka. 

Editor : Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut