get app
inews
Aa Read Next : Mengungkap Misteri Makam Datu Nuryana, Panjangnya 60 Meter

Mengenal Mandai, Makanan Khas Kalimantan Selatan

Kamis, 26 Mei 2022 | 20:58 WIB
header img
Makanan khas Kalimantan Selatan yang terbuat dari kulit cempedak (Foto:Instagram@elabundaela)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak makanan khas Kalimantan Selatan yang terbuat dari kulit cempedak. Makanan khas ini dikenal memiliki rasa yang lezat. 

Perlu diketahui, Indonesia kaya akan berbagai sajian kuliner unik yang menggugah selera. Salah satunya yakni Mandai, makanan khas Kalimantan Selatan yang terbuat dari kulit cempedak.

Bagi yang belum tahu, cempedak merupakan buah-buahan yang rasa dan keharumannya seperti nangka. Selain itu, buah cempedak juga khas karena kulitnya menyerupai dengan kulit durian.

Tidak hanya buahnya yang bisa dikonsumsi, ternyata kulit hingga biji cempedak bisa juga diolah menjadi bahan makanan. Biji cempedak, misalnya, yang dapat diolah menjadi tepung alternatif yang banyak kandungan serat serta indeks glikemik yang lebih rendah.

Kemudian, kulitnya bisa diolah menjadi Mandai, makanan khas Kalimantan Selatan yang terbuat dari kulit cempedak. Mandai, atau juga disebut sebagai Mandai Basanga ini biasanya dimasak dengan cara digoreng atau ditumis. 

Hidangan Mandai ini dibuat dari daging kulit cempedak yang terkenal di kalangan masyarakat Banjar. Sebelum dimasak, kulit cempedak dikupas dan diambil bagian dalamnya. Lalu, dibersihkan dan difermentasi.

Editor : Dinar Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut